Kamis, 06 Mei 2021

SMA PINTAR LAZUARDI

SMA PINTAR LAZUARDI

Blended Learning High Scool

Pada tanggal 1 Mei 2021 lalu saya berkesempatan mengikuti Virtual Open House dan Webinar PARENTS & SQUAD Menjadi Tim Solid, Gapai Cita. Penyelenggaranya SMA Pintar Lazuardi, Blended Learning High School. 

Webinar yang mengambil tema "Sekolah yang Membahagiakan" itu menghadirkan Dr. Haidar Bagir (Pembina SMA Pintar Lazuardi) sebagai keynote speaker. Hadir pula Bapak Setiyo Iswoyo (Direktur SMA Pintar Lazuardi) dan Ibu Sonya Sinyanyuri (Kepala SMA Pintar Lazuardi). 

Ngomong-ngomong, apa yang dimaksud dengan SMA Pintar? Mengapa mesti ada embel-embel pintar dalam penamaan SMA Pintar Lazuardi? 

Mari simak penjelasan berikut. 

PINTAR adalah kependekan dari Pedagogical Intelligence Architecture. PINTAR ini merupakan sebuah strategi pedagogi (pembelajaran) yang diterapkan melalui sebuah Learning Management System (LMS) online, yang memperhatikan keterikatan antara peserta didik dengan proses pembelajaran melalui feedback process. 

LMS yang diberi nama PINTAR ini tidak sebatas platform belajar online, tetapi merupakan aplikasi belajar online yang tetap memperhatikan esensi pembelajaran, yaitu keterikatan antara peserta didik dengan proses pembelajaran, juga interaksi antara peserta didik dengan guru.

LMS SMA Pintar Lazuardi dilengkapi dengan fitur-fitur yang memungkinkan peserta didik belajar mandiri dan terpantau aktivitasnya. Aplikasi canggih ini dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Bahkan, orang tua juga dilibatkan untuk bersama-sama guru memantau dan memberikan dukungan kepada putra-putri tercinta. 

Lalu, apa pula yang dimaksud dengan blended learning? 


Begini penjelasannya. Blended learning berarti penggabungan antara kegiatan tatap muka dengan pengajaran online.

Istimewanya, pembelajaran online di SMA Pintar Lazuardi-Blended Learning High School porsinya jauh lebih besar daripada tatap muka offline. Perbandingannya 80% - 20%. 

Wah, asyik sekali pengajaran online sebesar itu persentase durasinya. Benar-benar kekinian sekaligus menuntut kedisiplinan yang tinggi.  

O, ya. Kalau dalam hitungan hari, kegiatan tatap muka dilakukan seminggu sekali. Bertempat di sekolah home based.

Data Sekolah Home Based

Di bawah ini adalah sekolah home based SMA Pintar Lazuardi yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. 

- SMA Lazuardi Global Compassionate School (GCS) Depok

- SMA Lazuardi Ideal GCS Purwakarta

- SMA Lazuardi Kamila GCS Solo

SMA Lazuardi Haura GCS Lampung

 - SMA Lazuardi Athaillah GCS Makassar

- SMA Hellomotion Tangerang Selatan

Untuk peserta didik yang berada di wilayah yang belum ada sekolah home based-nya, kegiatan tatap muka digantikan dengan program pengayaan dan coaching yang dilakukan secara online.

Adapun kegiatan tatap muka difokuskan untuk:

  • pembentukan karakter;
  • pengembangan keterampilan sosial;
  • coaching tentang karir;
  • kegiatan praktikum yang tidak dapat dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran online.


Bagaimana dengan Kurikulumnya?

Kurikulum di SMA Lazuardi mengacu pada kurikulum nasional yang sedang berlaku, diperkaya dengan konten kurikulum dari berbagai negara dan kurikulum keahlian. 

Apa Visinya?

Masyarakat berbudaya luhur berlandaskan kebaikan welas asih dan kebahagiaan spiritual.

Apa Misinya? 

Menggali dan mengembangkan potensi setiap individu dalam menciptakan perbaikan kehidupan.


 

Kapan SMA Pintar Lazuardi-Blended Learning High School lahir?

SMA Pintar Lazuardi-Blended Learning High School mulai beroperasi sejak tahun ajaran 2021-2022, sebagai pengembangan dari sekolah Lazuardi Group. Tentu untuk merespons situasi dan kondisi terkini. Sesuai dengan zamannya.

Bapak Setiyo Iswoyo menyampaikan bahwa proses belajar di SMA Pintar Lazuardi menggunakan teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan masa depan, untuk mendampingi putra-putri dalam menggapai cita-cita. 

Sekolah online, khususnya untuk universitas dan SMA, tampaknya akan menjadi tren sekolah alternatif yang tak terhindarkan. 

Sekolah Lazuardi pun konsisten akan ikut serta memberikan kontribusi pada sistem pendidikan di negeri kita, dengan menyelenggarakan SMA Blended Learning tanpa meninggalkan kreativitas secara optimum. 

Caranya dengan menambahkan aktivitas hands on mandiri peserta didik lewat project based learning. Juga dukungan Learning Management System (LMS) yang diberi nama Pintar.  

***

Nah, bagaimana? Asyik 'kan sistem belajar di SMA Pintar Lazuardi? Tak perlu tiap hari berangkat ke sekolah, lho. 

Yang penting belajar tuntas, berdisiplin dengan waktu,  dan selalu kelarin tugas-tugas tanpa tekanan/paksaan. Pokoknya merdeka belajar, bahagia belajar.

Tertarik untuk menyekolahkan ananda di SMA Pintar Lazuardi? 

Jika ingin tahu informasi lebih lanjut, silakan kepoin saja akun medsosnya. 

IG: @smapintarlazuardi 

FB: SMA Pintar Lazuardi

YouTube: SMA Pintar Lazuardi 

Website  https://smapintarlazuardi.id/

Kontak WA: 0811-1683-442

 


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template