Minggu, 14 Januari 2024

Prestasi Menulisku Selama 2023

HALO, Sobat PIKIRAN POSITIF? Semoga kalian baik-baik saja. Tidak ada yang terkena banjir, tanah longsor, gempa, angin ribut, ataupun musibah lainnya. Sebagaimana yang belakangan kuketahui dari berita-berita di media massa.

BTW tulisan ini ada benang merahnya dengan tulisan terdahulu yang berjudul "Gembira Memulai 2024". Idenya terpantik oleh ingatan kepada sebuah antologi, sebuah BTU (Buku Teks Utama) yang direvisi, dan dua naskah buku yang siap diterbitkan. Yang tentunya melibatkan diriku, baik selaku penulis/kontributor maupun editor.

Yup! Pada intinya tulisan ini merupakan rangkuman prestasiku di dunia kepenulisan, terkhusus bidang perbukuan. Yang sesungguhnya mungkin tak perlu dianggap sebagai prestasi.

Gimana, ya? Keseharianku memang berkecimpung dalam dunia tulis-menulis beserta kerja pengeditannya. Jadi kalau ada berhasil-berhasilnya, itu bukan prestasi melainkan kewajaran.

Iya. Kuanggap itu sebuah kewajaran belaka. Mengapa? Sebab dengan nekad, aku telah meneguhkan hati untuk menjadi seorang pekerja lepas di dunia tulis-menulis. Jadi, pencapaian dalam menulis atau mengedit is a must.

Malah sebenarnya keterlaluan kalau sampai aku tak mampu mencapai apa-apa di situ. Walaupun ironisnya, justru aku sering berada di posisi keterlaluan itu. Apa boleh buat? Namanya juga diriku. Muehehe ...

Namun, syukurlah pada tahun 2023 lalu prestasiku di dunia sunyi itu masih terbilang lumayan. Daripada tak ada sama sekali, Alhamdulillah ada satu antologi yang kuhasilkan. Antologi itu berjudul Senjakala Radio.



Selanjutnya, pada tahun 2023 aku kembali dipanggil oleh Pusbuk Kemendikbudristek. Dua kali malahan. Yang pertama untuk menjadi editor bahasa, dalam pengolahan BTU sebuah mapel. Mungkin pada Tahun Ajaran Baru 2024/2025 nanti sudah dipergunakan di sekolah-sekolah.

Yang kedua untuk menjadi editor bahasa, dalam revisi BTU sebuah mapel yang lain. BTU yang ini telah dipakai di sekolah-sekolah, tetapi pada tahun 2023 direvisi.

Yang terakhir, pada awal Januari 2023 aku sukses menyelesaikan sebuah naskah bernapaskan keagamaan Islam, yang merupakan pesanan dari sebuah penerbit. Judulnya "Kisah dan Kemuliaan Para Wanita Ahli Surga di Sekeliling Nabi".

Naskah tersebut dibeli putus oleh penerbitnya. Jadi, aku tidak bakalan menerima royaltinya. Bahkan, nama penulisnya pun bukan nama asliku. Kalau kalian penasaran, silakan cek di toko buku daring ataupun luring.

Gimana menurut kalian? Pencapaianku menyedihkan atau tidak? Kalau menurutku sih, lumayan. Namun, pada tahun 2024 ini aku akan berusaha memiliki prestasi tulis-menulis yang lebih banyak. Supaya ada peningkatan gitu, lho.

Nah! Jadi sudah jelas, ya. Kalau kalian butuh jasa untuk mengedit tulisan, baik fiksi maupun nonfiksi, bisa hubungi aku. Tenang saja. Menghubungiku itu gampang, kok. Bisa melalui email agustinasoebachman@gmail.com atau DM sosmedku. #malahngiklan 😁

32 komentar:

  1. Dari dlu pengen banget nulis buku, tapi belum terwujud 😪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah suati saat bakalan terwujud, Kak. Mari berupaya dan berdoa.

      Hapus
  2. Semangat selalu. Kalau buatku sih, nggak ada tolok ukur terbaik selain mengukur diri yang kemarin dengan yang hari ini. Apapun itu, semangat selalu dijalani ya. Setiap orang punya prestasi istimewanya tersendiri. Semangat berkarya selalu.

    BalasHapus
  3. Bagi yg berkiprah di dunia tulis menulis, skill mengedit perlu dimiliki agar tulisannya tidak typo dan mudah dipahami oleh audiens/pembaca. Aku juga ada niat utk nerbitin buku, tapi selalu terbentur kesibukan sehingga paling cuma ikutan bikin antologi puisi dan cerpen. Sdh 2 kali ikutan antologi puisi yg diterbitkan Ruang Aksara dan Mizan Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa terwujud segera ya niat menerbitkan bukunya.

      Hapus
  4. Menyedihkan gimana mbak, bisa nulis tiga buku itu luar biasa menurutku lho, soalnya aku belum pernah nulis satu buku pun.

    Jadi penasaran dengan buku senjakala radio. Radio memang sudah darurat, sama seperti weselpos ya. Eh tapi kadang mamang supir angkot masih suka putar radio lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan salah, Mas. Radio memang masih eksis, kok. Cuma cara mendengarkannya saja yang berubah. 😀

      Hapus
  5. MasyaAllah
    Selamat Mbak untuk pencapaian yang luar biasa di 2023. Mudah-mudahan bisa ketularan juga semangatnya di 2024 ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya, Bang. Semoga kita sama-sama menuju peningkatan prestasi di 2024 ini.

      Hapus
  6. Sukses untuk kegiatan m
    tulis menulis. Semoga makin berkembang dalam dunia sunyi yang menghasilkan pemikiran yang besar.

    BalasHapus
  7. Wah selamat ya atas pencapaiannya di bidang literasi. Mantap semakin keren dan menghasilkan banyak karya lagi ya di tahun 2024. Semangatnya nular nih, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Kakak. Pokoknya semangat, semangaaat.

      Hapus
  8. Selamat buat prestasinya mbak. Semangat juga di 2024! semoga prestasinya jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin YRA. Makasih banyak atas doa dan dukungannya.

      Hapus
  9. Wah, keren nih. Selamat ya mbak atas pencapaian yang telah diraih. Semoga kini dan seterusnya akan lahir karya-karya di bidang kepenulisan lain yang lebih luar biasa. Semangat selalu, jangan menyerah, pantang mundur!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaminn YRA. Semoga ya, Mbak. Terima kasih atas dukungannya.

      Hapus
  10. Bermanfaat sekali yah kak kuliah di jurusan sastra dulunya, sehingga panggilan hidup tak jauh dari yang namanya duni literasi. Menginspirasi sekali kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya, Alhamdulillah. BTW aku masuk Sastra memang karena suka, kok.

      Hapus
  11. MasyaAllah, keren Mbak pencapaiannya. Benar-benar full time dedikasinya untuk menulis dengan berbagai platform ya. Semoga di 2024 ini makin meningkat yo Mbak prestasinya. Aamiin...

    BalasHapus
  12. Keren pencapaiannya, terus belajar dan menulis ya! Ditunggu karya karya selanjutnya

    BalasHapus
  13. Mantap Kak. Semoga semakin bersinar lagi ya melalui tulisan di 2024 ini. Jadi ikut semangat terus belajar juga menulis dengan baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin YRA. Semoga kita sama-sama mencapai yang terbaik di waktu-waktu selanjutnya.

      Hapus
  14. Sepertinya aku tahu buku itu, entah hanya judulnya yang sama atau memang benar itu bukunya. Selama 2023 pencapaian menulisku, masih ga sebaik tahun-tahun sebelumnya. Bisa dibilang setengah vakum, karena nulis blog saja itu pun karena job dan isi websote tempat kerja. Nulis buku? Hmm, sepertinya 2 antologi. Dibandingkan track record tahun sebelumnya, ini jauh sekali wkwk. InsyaAllah tahun ini berprogres lagi dengan 3 buku solo 😌🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga buku-buku solo tersebut segera terbit tahun ini ya, Mbak.

      Hapus
  15. Masyaallah, selamat ya mbak.. Semoga aku juga bisa seproduktif mbak. Udah lama banget pengen nerbitin buku lagi. Terakhir di tahun 2015. Sekarang nihil wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, ya. Ayo kita sama-sama bersemangat untuk produktif.

      Hapus
  16. Wahhh selamat, produktif bnget yaaa tahun kemarin banyak hal yang dilakukan, apalagi bisa terpilih dalam perancangan pembelajaran disana keren bnget lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, Bang. Terima kasih atas apresiasinya.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template