Minggu, 15 Oktober 2023

Festival Angkringan Yogyakarta 2023

HALO, Sobat PIKIRAN POSITIF. Aku mau cerita sedikit tentang FAY (Festival Angkringan Yogyakarta) 2023, yang berlangsung tanggal 6-8 Oktober lalu.

 

Dokpri Agustina


FAY 2023 itu rupanya baru pertama kali diselenggarakan. Namun, tahun depan bisa diadakan lagi kalau memang diminati masyarakat. Demikian janji Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Ibu Veronica Ismuwardani.

Perlu diketahui, FAY 2023 digelar dalam rangka HUT Kota Yogyakarta yang jatuh pada tanggal 7 Oktober. Adapun pada tahun 2023 ini, Kota Yogyakarta merayakan ulang tahunnya yang ke-267. Wow! Sudah sepuh, ya? Hahaha! 

Akan tetapi, Kota Yogyakarta itu istimewa. Kian sepuh malah kian gemar bersolek, lho. Tak usah jauh-jauh untuk mencari buktinya. Cermati saja foto berikut. 
 

Dokpri Agustina


Foto di atas memperlihatkan panggung Plaza Ngasem. Tjakeup 'kan? Nah. Panggung bagus tersebut justru baru ada setelah Yogyakarta lebih tua. Bukankah itu berarti makin berumur makin suka bersolek?

Festival Angkringan Yogyakarta 2023 dibuka secara resmi oleh Bapak Singgih Raharjo, Pj Walikota Yogyakarta. Pada Jumat, tanggal 6 Oktober 2023. Dalam kesempatan itu, beliau ditemani oleh istri dan beberapa pejabat terkait.
 

Dokpri Agustina


Foto di atas memperlihatkan kedatangan Pj Walikota Yogyakarta, Bapak Singgih Raharjo. Yang berjilbab itu istri beliau. Lalu, yang berjalan paling depan adalah Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Ibu Veronica Ismuwardani.

Penyelenggaraan Festival Angkringan Yogyakarta merupakan buah dari kerja sama antara Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta dan Gekraf (Gerakan Ekonomi Kreatif) Nasional. Jadi, tak mengherankan kalau sejak awal festival berembus isu bahwa Bapak Sandiaga Uno akan hadir.
 

Dokpri Agustina


Faktanya? Faktanya FAY 2023 tetap ramai walaupun Bapak Sandiaga Uno tak muncul sampai penutupan. Semoga sih, ramainya bukan gara-gara pembagian nasi kucing gratis. Hahaha!

O, ya. Panitia penyelenggara memilih angkringan untuk difestivalkan sebab trennya sedang kembali naik setahun belakangan. Jadi, ke depannya sekalian akan dijadikan ikon baru Kota Yogyakarta.

Ada pula alasan lain, mengapa tema angkringan dipilih. Yup! Tak lain dan tak bukan, sebab angkringan tercantum dalam puisi karya Penyair Joko Pinurbo (JokPin). Hmm. Kalian pasti tahu bait puisi berikut ini.

Jogja itu terbuat dari rindu, pulang, dan angkringan.
 

Dokpri Agustina

Dokpri Agustina

Demikian ceritaku tentang Festival Angkringan Yogyakarta 2023. Gimana? Menarik atau tidak?
 
 
 

8 komentar:

  1. jogja kota kelahiran, semakin seru-seru saja even-even disana

    BalasHapus
  2. Menarik banget

    Di Padang pun sudah mulai menjamur angkringan khas yogya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oooiyakah? Pasti yg punya pernah tinggal di Yogyakarta.

      Hapus
  3. Wah. Saya di Bantul kok ga tau acara seperti ini ya. Kayaknya bagus untuk dikunjungi. Pasti seru sekali banyak angkringan di mana-mana.

    BalasHapus
  4. Isssh menarik 😍😍. Tiap kali mudik solo, aku pastj coba angkringan. Trus pas ke Jogja, ga disangka ternyata ada angkringan juga ❤️. Memang ga persis sama, tapi aku suka dua-duanya. Lauk simple, tapi pas di perut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Angkringan Solo biasa disebut HIK (Hidangan Istimewa Kampung).

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template