Kamis, 11 Agustus 2022

Dedikasi Jogja Pasaraya Malioboro

HALO, Sobat PIKIRAN POSITIF? Masih tetap bersemangat 'kan? Harus dong. Terlebih sekarang Agustus. Yang berarti negara kita tercinta berulang tahun pada tanggal 17-nya. Eit! Selain itu, ada pula Jogja Pasaraya Malioboro yang berulang tahun.

Iya. Jogja Pasaraya yang berpusat di Jalan Malioboro Nomor 39 Yogyakarta. Yang merupakan pusat oleh-oleh Jogja terlengkap itu. 

Jika kamu berdomisili di wilayah Yogyakarta dan sering ke Malioboro, kemungkinan besar sudah tahu lokasinya. Bahkan, mungkin pula pernah membeli sesuatu di situ. Minimal pernah lewat di depannya.

Jika kamu tidak berdomisili di Yogyakarta dan sudah lebih dari 2 tahun tidak mengunjunginya, kupastikan belum pernah melihat Jogja Pasaraya, apalagi beli oleh-oleh di situ. 

Kok aku yakin? Yakin, dong. Jogja Pasaraya 'kan secara resmi hadir sejak tanggal 8 Agustus 2020. Jadi, pada tahun ini baru genap ultah ke-2. 
 

Dokpri/Agustina


Gathering "Grow up to Infinity"

Walaupun baru eksis selama 2 tahun, ternyata Jogja Pasaraya telah berhasil membuat bahagia ratusan UMKM yang menjadi supplier-nya. Hal itu terungkap dari testimoni-testimoni yang disampaikan dalam acara gathering tempo hari.
 

Testimoni UMKM/Dokpri Agustina

Testimoni UMKM/Dokpri Agustina


Apa penyebab rasa bahagia tersebut? Tak lain dan tak bukan, karena Jogja Pasaraya telah sangat membantu peningkatan penjualan produk-produk mereka. Terlebih tak ada biaya sewa lapak yang dikenakan terhadap UMKM yang menjadi supplier. Keren 'kan?

Alhasil, situasi sulit yang dipicu oleh pandemi Covid-19 pelan-pelan dapat diatasi. Roda perekonomian mereka yang semula macet pun beranjak berputar. Pelan namun pasti, melalui program kemitraan dengan pusat oleh-oleh Jogja terlengkap itu.

Kiranya hal tersebut sesuai dengan visi dan misi Jogja Pasaraya, yaitu memperkenalkan dan mengangkat produk-produk lokal Yogyakarta untuk lebih dikenal di kancah nasional dan internasional. 

Begitulah adanya. Jogja Pasaraya selama 2 tahun belakangan telah menjadi wadah dan penyemangat bagi UMKM-UMKM Yogyakarta, untuk lebih meningkatkan kualitas produk sehingga dapat menaikkan nilai jual produk yang bersangkutan. 

O  ya. Gathering bertema "Grow up to Infinity" yang dihelat pada tanggal 8 Agustus 2022, yaitu tepat pada HUT ke-2 Jogja Pasaraya, dimaksudkan sebagai bentuk peningkatan dukungan kepada para supplier. 

Lebih dari itu, ada pemberian penghargaan kepada 3 supplier/UMKM terbaik yang masing-masing mewakili jenis produk. UMKM mana saja yang menerima penghargaan? Mari simak senarai berikut. 

Penghargaan Best Craft diberikan kepada "Srity". Lalu, penghargaan untuk kategori Best Food & Beverage diberikan kepada "Toko Lezat Davronas". Kemudian penghargaan untuk kategori Best Fashion diberikan kepada "Dvia".

Ketiga UMKM tersebut dinilai paling profesional, berdedikasi tinggi, konsisten menyuguhkan produk berkualitas, dan sukses mencetak penjualan terbaik di Jogja Pasaraya Malioboro.
 

Dokumentasi K-JOG


Pemberian penghargaan diharapkan sebagai pemacu motivasi supaya semua supplier senantiasa bersemangat untuk menelurkan produk-produk menarik dan berkualitas. 
 
Benefit Branding 
 
Demi terwujudnya visi dan misi, yaitu memperkenalkan dan mengangkat produk-produk lokal Yogyakarta ke kancah nasional dan internasional, berbagai langkah kreatif dan inovatif pun ditempuh. Sudah pasti disesuaikan dengan era kekinian yang serba digital. 
 
Yup! Selain melakukan penjualan melalui transaksi langsung (luring/offline), Jogja Pasaraya yang berkonsep mini department store juga menghadirkan website. Lebih dari sekadar upaya peningkatan omset penjualan, website jogjapasaraya.com hadir untuk  turut mengembangkan branding digital bagi brand dan merk yang tergabung di website tersebut.

 

Dokpri/Agustina

Dokpri/Agustina

Jogja Pasaraya serius dalam memajukan UMKM yang menjadi mitranya. Buktinya mau repot-repot menyediakan fasilitas berupa website, baik untuk keperluan penjualan daring  (online) maupun untuk membangun branding digital. 
 
Dengan demikian, mitra UMKM yang masih gaptek sekalipun bisa mengambil manfaat dari internet. Tentu diharapkan sambil pelan-pelan memberantas kegaptekannya. Masak iya sih, mau gaptek terus? 
 
Selamat Ulang Tahun, Semoga Kian Berjaya
 
Pada akhirnya aku sekali lagi hendak mengucapkan, "Selamat ulang tahun ke-2, Jogja Pasaraya. Semoga kian berdaya dan berjaya. Semoga pula makin menginspirasi dan selalu bisa memotivasi UMKM-UMKM yang bermitra untuk senantiasa bertumbuh."
 

Para supplier beserta keluarga Founder dan CEO/Dokpri Agustina

Ngomong-ngomong aku belum menginformasikan sosok-sosok penting di balik Jogja Pasaraya, ya? Yeah. Memang hampir lupa. Muehehehe .... Sebelum lupa lagi, langsung kutulis sajalah. Ini, nih. 
 
Founder Jogja Pasaraya adalah Bapak Suryadi Suryadinata. Kemudian yang menjadi CEO-nya adalah Bapak Aditya Suryadinata. Sementara Bapak Dion Aji Pradipta yang menjadi Web Developer.
 

K-JOG beserta keluarga Founder dan CEO/Dokpri K-JOG

Demikian oleh-oleh informasi yang kuperoleh dari acara gathering dalam rangka ultah ke-2 Jogja Pasaraya. Kuharap bisa membuat kalian terinspirasi sekaligus tergerak kaki untuk melihat-lihat aneka produk yang ada di pusat oleh-oleh Jogja terlengkap itu.
 



10 komentar:

  1. Salut banget dengan acara gini, pastinya banyak UMKM terbantukan apalagi Jogya terkenal dengan kreativitasnya super sekali deh, semoga semakin sukses buat Pasaraya

    BalasHapus
  2. Dengan adanya Jogja Pasaraya ini jadi banyak UMKM yang terbantu ya, Mbak. Apalagi ada pagelaran apresiasi untuk UMKM di dalamnya, pasti pesertanya pada semangat untuk semakin menjadi lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, penghargaan memotivasi persaingan sehat ( Agustina www.tinbejogja.com )

      Hapus
  3. Wah aku udah lebih dari 2 tahun lagi ga ke jogja. Tentunya aku ga tau jogja pasaraya. Aahh kapan yaa bisa kesana. Tapi, ini keren sih karena sebagai bentuk apresiasi terhadal UMKM di jogja. Mantapp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya. Ntar klo ada kesempatan ke Jogja jangan lupa singgah. (Agustina)

      Hapus
  4. semoga terus maju Jogja Pasaraya Malioboro , bisa bekerja sama dengan makin banyak UMKM dan ikut memajukannya. Ntar ngga perlu repot lagi kalau mau nyari oleh oleh di jogja ya langsung ke Jogja Pasaraya Malioboro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah, Mas. Barang di situ pun berkualitas oke. (Agustina)

      Hapus
  5. Lama banget belum ke Jogja lagi, kayaknya terakhir ke Jogja sebelum pandemi, tahun 2019 deh. Jadi belum ngelihat nih yang Jogja Pasaraya, pengin banget lihat perubahan wajah Jogja gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perubahan Jogja paling mencolok belakangan iniadalah Malioboro yg tanpa PKL dan altara dipagari. (Agustina)

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template