Kamis, 01 September 2022

Ayo, Belanja di Sayur Sleman

Apa kabar Sobat PIKIRAN POSITIF? Agustusnya gimana? Hiruk pikuk asyik seperti Agustusku enggak? Semoga, ya. Semoga pula berlanjut pada September ini. September yang kubuka dengan cerita tentang Sayur Sleman ini. Meskipun tidak tepat persis pada tanggal satunya, sih. Hehehe ....

Dokpri/Agustina


Apa Itu Sayur Sleman?

Sayur Sleman adalah tempat untuk belanja Sayur Online Nomor 1 Jogja dan merupakan platform kewirausahaan sosial. Pengelolanya P.T. Sayur Sleman Indonesia yang berlokasi di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Platform tersebut hadir sejak 10 Mei 2020. Di tengah situasi pandemi Covid-19 dan sesungguhnya memang lahir sebagai respons atas kondisi pandemi itu. 

Adapun visi Sayur Sleman adalah meningkatkan kesejahteraan pedagang sayur, petani lokal, dan UMKM. Yang kemudian terjabarkan dalam upaya-upaya untuk menolong para pedagang sayur di pasar, yang terkena imbas PPKM.

Jangan lupa. PPKM seketika membuat pasar sepi. Membuat para penjual mendadak kehilangan banyak orderan sebab tak ada orang berbelanja ke pasar. 

Lalu, bagaimana cara menolongnya? Tak lain dan tak bukan, dengan menjembatani para pedagang sayur tersebut dengan para calon pembeli. Menjembataninya dengan website #sayurslemanid sehingga orang yang hendak berbelanja tak perlu keluar rumah. 

Iya. Sayur Sleman memberikan alternatif untuk berbelanja kebutuhan sayur dan aneka kebutuhan lainnya secara daring alias online. Alasannya tentu agar lebih aman dari segi kesehatan. Tidak perlu berdesakan di pasar saat pandemi berlangsung. 

Lebih dari itu, praktis dan hemat waktu. Tatkala kondisi beranjak aman, tak ada lagi PPKM, belanja di Sayur Sleman adalah solusi bagi orang-orang yang kerap bingung kalau belanja langsung ke pasar. 

Macam diriku inilah. Masuk pasar dengan niat belanja buat masak, eh keluar pasar malah menenteng rupa-rupa jajanan pasar belaka.

Semudah Itu Berbelanja di Sayur Sleman

Bersama sejumlah kawan dari Komunitas Kompasianer Jogja (KJOG), tempo hari telah kubuktikan kemudahan berbelanja di Sayur Sleman. Betul-betul simpel dan efektif. 

Kita tinggal klik website Sayur Sleman. Begitu tersaji deretan gambar sayur, buah, dan bahan pangan lain beserta harga dan satuan beratnya, silakan langsung pilih-pilih yang hendak dibeli. 

Setelah beres memilih belanjaan, isi data yang diminta untuk pengiriman. Kemudian pilih cara pembayaran, mau transfer via bank atau bayar tunai pada kurir yang hendak mengantar belanjaan. Lalu, klik oke. Selesai.

Lebih detil, tahapan belanja itu beserta pemvisualannya dapat kalian simak di akun Kompasiana milikku. Silakan klik saja tautan ini.

Jangan lupa tengok email, SMS, dan WA sesudah melakukan order di website Sayur Sleman. Mengapa? Karena melalui 3 media itulah pihak Sayur Sleman melakukan konfirmasi atas orderan kita. 

Yup! Semudah itu. Tak perlu memasang aplikasi tertentu. Tak perlu juga bikin akun di website tersebut.

Yang perlu diperhatikan hanya batas minimal order (70 ribu rupiah) dan waktu order (H-1 hari pengiriman). O, ya. Untuk pengiriman tersedia dua opsi. Mau jadwal pagi atau sore?

Misi Kemanusiaan

Di atas telah dikemukakan mengenai visi Sayur Sleman. Nah. Sejalan dengan visinya, aktivitas Sayur Sleman pun tak terbatas pada jual beli. 

Jika mengeksplorasi website Sayur Sleman, kita bakalan menemukan bahwa di situ juga ada kolom donasi. Plus laporan penggunaannya sekalian.

Yoiii. Itulah aktivitas misi kemanusiaan yang dilakukan Sayur Sleman. Siapa saja yang tinggal di mana saja boleh ikut berdonasi. 

Nantinya donasi yang terkumpul akan didistribusikan kepada mereka yang berhak. Yang menjadi target penerima donasi. Bentuknya paket sayur mayur.

Menarik dan amat berfaedah 'kan aktivitas Sayur Sleman? Semenarik tagline yang diusung, yaitu "Belanja Secukupnya, Memberi Setulusnya".


Dokpri/Agustina







0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template