Minggu, 03 Desember 2023

Aku & Museum Benteng Vredeburg

APA kabar Sobat PIKIRAN POSITIF? Semoga tidak sedang bete bin gabut, ya? Etaaaapi kalau memang sedang bete dan gabut, kenapa enggak healing ke Museum Benteng Vredeburg saja?

Yoiii. Museum Benteng Vredeburg (MBV) berlokasi di Kota Yogyakarta. Jadi, saranku itu terkhusus buat kalian yang tinggal di Yogyakarta. Atau, sedang berada di Yogyakarta walaupun ber-KTP luar planet. Enggak sekadar luar pulau. Hahaha!

Ngomongin MBV tak pernah ada tuntasnya bagiku. Lokasinya yang luas, ruangannya yang banyak, koleksi bersejarahnya yang banyak, hantunya yang banyak .... Eh?!

Kalian pasti sudah tahulah, ya. Di Yogyakarta ada banyak tempat menarik, baik yang bercitarasa heritage maupun kekinian. Sebut saja Tugu Pal Putih, Malioboro, Kraton Yogyakarta, Tamansari Watercasstle. Ah, pokoknya banyaaak.

Nah. Dari sekian banyak itu, kenapa hanya ada sebuah tempat di pusat Kota Yogyakarta yang bikin aku tergila-gila? Yang tak pernah bikin bosan walaupun kerap banget kukunjungi dan kulewati. 

Sejak aku kuliah sampai anakku kuliah, kerjaanku ya ke situ lagi ke situ lagi. Sampai-sampai aku selalu tahu perubahan harga tiket masuknya. Bahkan, pergeseran letak meriam di halaman tengahnya pun aku tahu. Ckckck!

Yoiii. Secinta itu aku pada bangunan MBV itu. Terbius aku pada keindahan dan segala kisah yang disimpannya. Ini betul-betul anugerah. Aku jatuh hati pada tempat yang amat mudah diakses. Lhah lokasinya sangat strategis, kok.

Anehnya, banyak orang tidak ngeh dengan lokasinya, padahal mereka kerap pepotoan dan nongkrong di depannya. Bila aku mengunggah foto di spot-spot menarik di seantero MBV, banyak yang nanya, itu di mana? Ketika kujawab di MBV, mereka malah nanya alamat MBV. Lhaaah. Menyedihkan enggak, sih?

MBV itu 'kan berada di sekitaran Titik Nol Yogyakarta. Tepat berseberangan dengan istana kepresidenan, yaitu Gedung Agung. Jadi, why oh why sampai tidak ngeh huuhuhuu ....

BTW aku pun telah beberapa kali menulis tentang MBV atau kegiatan-kegiatan di MBV di blog www.tinbejogja.com ini. Silakan telusuri saja, deh. Menarik-menarik pokoknya. 

Singkat cerita, Museum Benteng Vredeburg itu memang andalanku banget. Kalau ada teman dari luar kita kuajak ke situ. Buat ngobrol di halamannya nyaman dan aman dari pengamen Malioboro yang terlampau atraktif. 

Kalau buat pepotoan gimana? Wow! Di Museum Benteng Vredeburg tersedia banyak spot instagramable, dong. Bahkan, tak sekadar instagramable. Seperti yang kalian lihat pada foto-foto di bawah ini, MBV pun menyediakan spot yang sesuai dengan tema buku yang kuiklankan. Hehehe ...





Kalau dua foto yang berikutnya, tentu beda tema. Yang dua terbawah ini temanya reunian kuliah. Sekaligus kami "meninjau" perbedaan situasi dan kondisi Museum Benteng Vredeburg, antara tempo doeloe pas kami kuliah dengan situasi dan kondisinya di zaman now. Hahaha!
 


Jadi gimana, nih? Kapan kalian healing dan hahahihi di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta? Kabari aku, ya. Aku mau nebeng pepotoan di situ. 





24 komentar:

  1. seru kesana terus ya bun, apalagi perubahan letak barang-barang musium. kita tahu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, halo Mas, apa kabaar? Iyaa. Saya jadi lumayan tahu dinamika MBV.

      Hapus
  2. Saya pernah sekali ke sana. Kalau tidak salah tahun 2019. Spot yang mbak buat foto sepertinya belum ada deh kala itu. Atau saya yang tidal ngeh, ya. MBV memang museum yang menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang kupakai poto spot lama, mbak, tapi lokasinya nyempkl di sudut sepi bagian selatan. Klo sendirian ku rasanya tak berani nyampai situ.

      Hapus
  3. Baru tahu banget namanya Museum Vredeburg ini, jadinya pas ke Yogyakarta beberapa waktu lalu tidak masuk menjadi spot list buat di kunjungi. Next kalau ke Yogya lagi sepertinya harus main ke Museum Vredeburg ini, biar healingnya dapat, pengetahuan tentang sejarahnya juga dapat, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe sekali lagi terbukti klo museum indah ini sering luput dari perhatian khalayak.

      Hapus
  4. Tapi bener deh kalau selewat saja Museum Benteng Vredeburg ini gak begitu jelas terlihat kalau dari luar. Pernah rombongan ke sana, eh kecarian pintu masuknya dari mana... Haha... Dari luar seperti "ga ada" padahal udah masuk wow luas banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, nah, beruntunglah Anda dan rombongan yg akhirnya masuk MBV. 😁🥳

      Hapus
  5. Baru denger ada ini museim ini, aku jadi penasaran untuk berkunjung. Mudah2an ada kesempatan berkunjung kesana untuk menjelajah sejarah disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoiii, Mas, ditunggu kedatangannya di Yogyakarta dan terkhusus di MBV.

      Hapus
  6. padahal sering bolak balik jogja tapi gk tahu ada museum ini hihi. kalau koleksinya ada apa aja ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak banget koleksinya, Mbak. Terutama yang terkait dengan sejarah perjuangan bangsa.

      Hapus
  7. Berkali-kali ke Jogja tapi belum pernah mampir ke Benteng Vredeburg deh. Lihat ini, jadi neysel juga kenapa dulu gak kepikiran buat masuk ya. Padahal udah sering mondar mandir di depannya. Kunjungan berikutnya ke Jogja, wajib nih diagendakan untuk masuk Benteng Vredeburg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaaa, iniokasinya padahal amaat strategis looh.

      Hapus
  8. Aaaa dari dulu pengen ke museum ini tapi gak pernah kesampaian pas lagi di Jogja. Sekarang udah gak di Jogjaa.. Sedih :(

    BalasHapus
  9. aku cuman foto diluarnya aja mbak, belum pernah masuk
    mungkin lain waktu kalau ke jogya lagi perlu masuk ya, supaya tau dalemannya juga

    BalasHapus
  10. Ke Jogja hampir tiap bulan karena urusan bisnis, selama itu belum pernah kesini, thanks mbak infonya, sepertinya menarik untuk di kunjungi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mesti disempatkan, Mas. Lumayan buat nambah pengalaman dan wawasan. Tapi jangan Senin, ya, sebab libur tiap Senin.

      Hapus
  11. Wah kakaknya sudah sampai hapal betul ya haha, btw ini bisa jadi list buat kunjungan kalau ke Jogja nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha laiya, gimana gak hafal klo piknikku ke situ lagi, lagi, dan lagi hahahha ..

      Hapus
  12. Unik sekali ya mba bangunannya...kalau di Jakarta utk sejarah biasanya suka healing di kota tua alias Batavia...atau stasiun2 tua

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template