Minggu, 09 Juli 2023

Sedikit Tentang Kanca Abrit

HALO, Sobat PIKIRAN POSITIF? Masih ingat ceritaku minggu lalu 'kan? Tentang "Serunya Garebeg Besar EHE 1956"?

Nah. Kali ini aku akan sedikit mengobrolkan salah satu "komponen" yang terlibat dalam acara tersebut. Yang tak lain dan tak bukan adalah Abdi Dalem Kanca Abrit.
 

Dokpri Agustina


Sesuai dengan namanya, seragam Kanca Abrit (Teman Merah) didominasi warna merah. Tepatnya  warna merah itu melekat pada baju dan peci. Adapun bawahannya berupa kain  warna biru tua bermotif.

Dokpri Agustina


Dengan penampilan secetar itu, sudah pasti Kanca Abrit tampak mencolok. Yang berarti mudah ditemukan di tengah kerumunan.

Terlebih dalam acara Garebeg Besar EHE 1956, Kanca Abrit bertugas memikul gunungan. Sementara gunungan menjadi fokus utama acara tersebut. Ya sudah. Pasukan Kanca Abrit memang betul-betul tampil mencolok.

O, ya. Alas kaki Kanca Abrit juga mencuri perhatianku. Silakan cermati melalui foto berikut. Unik 'kan? Pakai lilit-lilit?

Dokpri Agustina


Baik. Kusudahi di sini cerita tentang Kanca Abrit. Semoga berfaedah. Bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian terkait Kraton Yogyakarta.





2 komentar:

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template