Jumat, 07 Mei 2021

Berzakat Online Melalui Sinergi Foundation

Dunia berubah cepat. Banyak hal yang sebelumnya tak terbayangkan bakalan dilakukan secara online, kini justru jamak dilakukan secara online. Kondisi demikian sebetulnya telah mulai berjalan sebelum pandemi Covid-19. Hanya saja, berjalannya relatif lamban. Orang-orang belum begitu melirik cara-cara online.

Akan tetapi, keadaan berubah cepat begitu negara api menyerang. Yup! Pandemi Covid-19 datang dan memunculkan banyak perubahan.

Dunia dan Akhirat dalam Genggaman

Mau tidak mau, seiring dengan anjuran Stay at Home dan Jaga Jarak, cara-cara online segera saja menjadi pilihan utama. Sebagai contoh, kalau dahulu untuk berbelanja harus keluar rumah, kini tinggal klak klik gadget sudah bisa memborong belanjaan segambreng.

Membayarnya pun tak perlu pakai uang tunai. Tak perlu pula pergi ke ATM untuk mentransfer pembayaran. Ada internet banking ‘kan?

Pendek kata, apa pun yang bisa dibikin online ya bakalan dibikin online. Mulai dari sekadar jajan hingga membayar pendaftaran sekolah, semua dilakukan secara online.

Demikianlah adanya. Cara-cara online di banyak bidang kehidupan adalah keniscayaan. Semangatnya adalah memudahkan. Membuat segalanya praktis dan efektif.

Kiranya hal demikian merupakan sesuatu yang wajar. Era 3.0 telah beralih ke era 4.0 dan tak lama lagi era 5.0 pun bersiap eksis. Siap tidak siap, mau tidak mau, kita yang hidup di zaman ini mesti menyesuaikan diri.

Jika merasa gaptek ya harus mau mengikis kegaptekannya itu. Sebab kalau tidak mau, pasti ke depannya akan repot sendiri. 

Alhasil, khalayak mulai membuka diri terhadap perubahan tersebut. Tidak bisa tidak, kegaptekan mesti dikikis jika ingin urusan-urusan hidup berjalan lebih praktis dan efektif. Kiranya itulah yang saya rasakan dan lakukan.

Singkat kata, dunia benar-benar dalam genggaman. Ketika lembaga-lembaga zakat mulai dapat diakses secara online, akhirat pun akhirnya ikut dalam genggaman. Keren banget ‘kan?

Terjaminkah Keamanannya?

Terdesak oleh kebutuhan dan keadaan, lama-kelamaan saya terbiasa untuk melakukan transaksi online. Termasuk dalam hal berdonasi dan bayar zakat/bersedekah.

Kalau ditanya, apa tidak khawatir kalau ternyata uang zakat itu diselewengkan? Transaksinya 'kan online? Kita tidak berhadapan langsung dengan petugas penerimanya. Bahkan, tidak tahu pasti di mana lokasi kantor yang mengurus dana atau zakat tersebut. Hanya tahu alamatnya.

Insyaallah saya percaya penuh kepada lembaga zakat tersebut. Sudah pasti saya percaya setelah mempelajari profilnya, ya. Bukan main percaya buta tanpa penelitian sebelumnya.

Teliti Dahulu Profilnya di Dunia Maya

Di era digital seperti sekarang, tak sulit untuk menyelidiki rekam jejak sebuah lembaga publik. Begitu pula sebaliknya, sebuah lembaga yang kredibel pastilah akan membuka informasi tentang dirinya sebanyak mungkin. Demi meraih kepercayaan publik.

Website dan akun medsosnya mudah diakses. Kalau butuh konfirmasi atau bertanya tentang apa pun, para petugasnya mudah dihubungi. Nomor kontak mereka aktif dan siap dihubungi. Terpampang nyata di website ataupun akun medsosnya. 


Penampakan akun IG SF


Penampakan FanPage SF

 

Salah satu lembaga zakat yang kredibel seperti itu adalah Sinergi Foundation. Sinergi Foundation (SF) adalah lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi Sosial-Pemberdayaan berbasis Wakaf Produktif dan ZIS (Zakat, Infaq- Sedekah).

Kantor SF berada di Bandung. Tepatnya beralamat di Jl. HOS Tjokroaminoto (Pasirkaliki) No. 143 Bandung 40173. Alamat ini saya ketahui dari website resmi SF. Bahkan, di situ dilengkapi dengan peta segala. 

Alamat dan Peta Kantor SF

 

Walaupun belum pernah berkunjung ke sana secara langsung, saya percaya penuh dengan keakuratannya. Silakan tengok-tengoklah ke sinergifoundation.org dan cermati menu-menunya. Insyaallah kalian bakalan setuju kalau SF memang layak dipercaya.

Sinergi Foundation Sangat Memudahkan Para Pembayar Zakat Online

Setelah mencermati website SF saya berkesimpulan bahwa website SF amat ramah terhadap penggunanya. Termasuk terhadap pengguna yang rada gaptek. Perintah-perintahnya jelas dan simpel.

Misalnya kita butuh layanan konsultasi zakat, ya tinggal klik menu layanan konsultasi zakat. Kalau mau bayar zakat online, ya tinggal cari menu yang sesuai. Kalau hendak konfirmasi seusai transfer zakat, ya tinggal cari menu konfirmasi. Dan sebagainya.

Pokoknya mudah sekali dan yang pasti, kita tak perlu repot-repot menyediakan uang tunai untuk berzakat. Tinggal transfer, konfirmasi, beres. 

Yang menakjubkan, bisa juga lho bayar zakat pakai Gopay. Sebagai pengguna Gopay. Saya merasa wow bangeeet. Hehehe …. Ternyata ya? Bayar zakat online dapat semudah itu melalui Sinergi Foundation.  

Demikian secuil pengetahuan saya tentang menunaikan zakat online melalui Sinergi Foundation. Semoga berfaedah dan menginspirasi serta dapat membantu menepis keraguan kalian untuk berzakat/berdonasi secara online.

 

Akun medsos SF:

IG @sinergiid
FB SinergiID
YT sinergifoundationID
TikTok @sinergiid
Twitter sinergiid

 





4 komentar:

  1. terima kasih buat artikel bermanfaatnya, dan berbicara zakat kami sekeluarga juga zakat tapi secara langsung kalau lewat online mah trauma juga takutnya pin rekening disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab jaman modern harus lebih waspada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Tari. iya, klo warga sekitar msih ada yang butuh zakat tentu lebih diprioritaskan.

      Hapus
  2. sekarang makin dimudahkan dengan hadirnya teknologi, mau zakat aja udah bisa lewat smartphone atau komputer, segampang itu.
    untuk zakat aku belum pernah cobain online, mungkin bisa aku pertimbangkan juga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Mbak. Malah bisa pakai gopay segala aplikasinya. Praktis.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template