Selasa, 07 Agustus 2018

Ke Taman Sari Lagi

TEMPO hari aku dan seorang kawan berkunjung ke Pemandian Taman Sari. Iya. Destinasi wisata yang berada satu kompleks dengan Masjid Soko Tunggal itu. Yang dekat pula dengan Sumur Gumuling dan Plaza Ngasem. 

Penampakan Pemandian Taman Sari


Lagi?  Yup!  Lagi-lagi aku berkunjung ke situ. Hobi banget,  ya? Apa enggak bosan? Haha! Kebetulan kok tidak pernah merasa bosan. Bagaimana bisa bosan bila jeda waktu antarkunjungan berbilang tahun?

Selain itu, kebetulan kondisi Taman Sari tiap kali kukunjungi tak pernah sama persis. Aku pernah berkunjung saat kolamnya kering kerontang. Pernah pula berkunjung ketika lantai tepian kolamnya super licin akibat hujan lebat sekian hari.

Tatkala suasana Taman Sari masih relatif singup, aku pernah mengunjunginya. Setelah suasananya beranjak cerah ceria seceria senyumanku, aku pun kembali mengunjunginya. Paling gres saat Taman Sari kian kekinian, aku lagi-lagi menyambanginya.

Penampakan dari sisi lain 


Cobalah bayangkan. Bagaimana bisa aku bosan bila hari ke hari Pemandian Taman Sari makin kondusif sebagai destinasi wisata? Yang ada justru rasa ingin balik lagi dan balik lagi 'kan? Meskipun untuk sekadar berswafoto seperti ini  ....


Wajah kami sama segar dengan air di kolam itu 


Sekilas Mengenai Taman Sari 

Pemandian Taman Sari (atau yang kerap disebut Taman Sari saja) merupakan salah satu tempat eksotis di Jogja. Iya. Menurutku begitu. Mengapa eksotis? Sebab keindahannya berbalut misteri masa lalu.

Hmm. Bagaimana, ya? Tiap kali berkunjung ke situ kurasakan selalu ada rasa yang tak bisa terungkapkan. Terlebih jika sedang sepi pengunjung. Terutama saat sedang mengeksplorasi lokasi-lokasi yang dulunya hanya boleh dimasuki oleh raja beserta keluarganya.

Masuk bangunan bertingkat itu sendirian rasanya gimana, lhooo


Kiranya keindahan dan kemisteriusan Taman Sari adalah daya tarik yang ditawarkan oleh istana air tersebut. Hmm. Istana air? Yoiii. Tempat itu dahulu merupakan istana tempat rehat raja yang dikelilingi segaran (danau buatan). Yang dipenuhi pula dengan wewangian bunga.

O, ya. Ada 3 kolam di Taman Sari. Ketiganya adalah Umbul Kawitan (kolam untuk putra-putri raja), Umbul Pamuncar (kolam untuk para selir), dan Umbul Panguras (kolam untuk raja).

Beruntunglah kita sebagai rakyat jelata zaman now karena bisa menyambangi ketiga kolam tersebut. Jangankan sekadar menyambangi. Lha wong berswafoto sampai jungkir balik juga boleh, kok. Hihihi ....

Rakyat jelata dari Jerman juga ke sini 

Kalau yang ini rakyat jelata lokal DIY 

Pemandu wisata menuturkan bahwa kompleks Pemandian Taman Sari tak sekadar tempat ciblon (berenang). Pada saat-saat tertentu raja pun berkenan menonton tari-tarian di sini. Tepatnya menonton dari Gapura Panggung.

Sudahlah. Pendek kata, ada banyak spot menarik untuk narsis di Taman Sari ini. Ada banyak pula rahasia masa lalu yang menarik untuk dikulik. Hmm. Wis tho. Pokoke komplet.

Saranku, kalau baru pertama kali mengunjungi Taman Sari jangan sok tahu dan sok irit. Lebih baik memakai jasa pemandu wisata. Lalu, bertanyalah sedetil yang kalian mau.

Tak lain dan tak bukan, tujuannya supaya aneka pose narsis kalian punya dasar hukum yang kuat. 'Kan asyik tuh, kalau gaya kita berfoto senada dengan sejarah lokasi yang menjadi latar belakang. Yekan?

Lokasi dan Jam Buka

Lokasi Pemandian Taman Sari sangat dekat dengan Kraton Yogyakarta Hadiningrat. Kurang lebih sekitar 500 meter di sebelah selatannya. Jadi kalau berencana mengunjungi kraton, sebaiknya sekalian direncanakan pula kunjungan ke Taman Sari.

Tapi jangan kesorean kalau hendak berkunjung. Ingat-ingat, ya. Jam berkunjung ke Taman Sari tuh dari pukul 09.00-15.00 WIB. Kalau bukanya sih, tiap hari. Mulai dari Senin hingga Ahad.

Jadi, kapan kalian (membayangkan) ciblon sebagai putra-putri raja di kolam berair segar ini?

Kebayang segarnya 'kan? 


MORAL CERITA:
Berwisata sejarah pun bisa sangat mengasyikkan.




6 komentar:

  1. Pengen ke sana belum kesampaian mulu nih Mba.
    Duh tambang mupeng.

    BalasHapus
  2. halo mbaak~ seru nih pikniknyaaaa jadi pengen nyemplung *eh

    sekarang taman sari udah nggak singup kaya dulu lagi ya mbak, jadi lebih cerah dan keliatannya pun lebih berbenah

    BalasHapus
  3. Jadi pengen nyobain berendem bak tuan putri hihihi penasaran dari dulu pengen ke taman sari, tapi belum kesampean.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Ayolah Mbak,dicoba.Siapa tau penjaganya mengizinkan hihihi

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template