Sabtu, 23 Januari 2016

BEBAN HIDUP ADIBA

ADIBA memang unik. Ajaib, menakjubkan dalam tanda kutip, dan piawai menyusun kata. Kukira, kecerdasan linguistiknya di atas rata-rata. Alias, kemampuannya bersilat lidah demikian tak terduga. Hmmm. Logikanya pun acap kali menelikung jalan yang tak semestinya. Halahh, opo tho ikiihh? Hihihi.... 

Pokoknya Adiba itu kerap kali punya logika gila dalam memandang suatu hal. Nah! Ini, nih. Tampaknya dalam hal beginian aku ketularan dia, deh. Atau jangan-jangan, dia yang ketularan aku? Nah, nah, nah. 

Ada banyak pengalamanku bersamanya terkait logika gila itu. Demikian pula yang terkait dengan dunia persilatan lidah. Acap kali jiwaku terguncang-guncang juga sebab kepiawaiannya menyusun kata dan logika... yang khusus ditujukannya kepadaku!

Seperti kemarin sore. Saat kami sedang menonton acara berita di TV. Tatkala itu sang reporter sedang menyampaikan narasi, "Kadang kala hidup memang terasa berat... bla-bla-bla....."  

Eh, langsung saja Adiba menyahut. "Iya, memang. Hidup memang kadang-kadang terasa sangat berat." Mimik mukanya serius ketika itu. Aku yang duduk di sebelahnya pun terpana. Seketika hatiku merapuh. Teringat perjalanan hidup kami yang penuh kejutan di tiap kelokan tajamnya. Ya, aku mendadak jadi amat serius menyelami perkataannya.

"Hmm. Kamu merasa kalau selama ini, hidupmu terasa berat?" Aku bertanya hati-hati. Dengan mantap Adiba mengangguk dan mengiyakan. Lagi-lagi aku terpana, lalu bertanya, "Di bagian kehidupan kita yang mana?"

"Saat Bunda memarahiku. Terus, saat melihat Bunda bertambah gemuk." Adiba menjawab dengan mantap dan telak. Wah! Tentu saja aku tak setuju dengan perkataannya. Aku toh tak sepemarah dan tak segemuk itu. Hmmm. Maksudku tak berat-berat amat kadar marah dan gemukku. Proporsional, kok. Hihhh!

Yuk, perhatikan dua foto Adiba di bawah ini. Itu fotonya saat ia bersama teman-teman sekampung nonton Sekaten tempo hari. Saat Desember 2015 lalu. Masak tampangnya yang begitu merupakan tampang yang penuh beban berat kehidupan? Tolong perhatikan baik-baik, deh. Oiya, Adiba yang berkerudung abu-abu.



MORAL CERITA:
Entah diucapkan secara sungguh-sungguh atau bercanda, dengan melibatkan perasaannya yang terdalam ataukah tidak, ucapan Adiba toh membuatku termotivasi untuk memperbaiki diri. Supaya ke depannya menjadi ibu yang makin ciamik di matanya dan terutama di mata-Nya. Hmm. Kurasa, Dia Yang Maha Meringankan sedang menyentilku lewat ucapan jail anakku. Nah, bagaimana menurut Anda?

 
 

2 komentar:

  1. Aku jadi ingin tahu seperti apa kau memarahi Diba, karena sependek pengetahuanku, kau tak pernah marah pada saat kupikir semestinya kau harus marah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...itulah makanya aku protes bin gak setuju dengan ucapan Diba...justru dia yang suka memberatkan hidupku heu heu heu

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template