Rabu, 26 April 2023

Servis Motor Rasa Baru

Servis Motor Rasa Baru

APA kabar Sobat PIKIRAN POSITIF? Sudah puaskah menikmati libur Lebaran? Sekarang tinggal lelahnya, ya? Ya sudah. Rehatlah dulu sejenak waktu. Ingat. Sebentar lagi masuk kerja, lho.

Eit! Jangan lupa pula untuk mengistirahatkan sepeda motor kalian. Bukankah ia telah setia mengantar ke mana-mana? Sempatkanlah untuk memanjakannya.

Sebagaimana halnya tubuh, yang butuh dipijat dan direhatkan supaya kembali segar, sepeda motor juga perlu dimanjakan agar dapat berfungsi maksimal.

Caranya? Tentu dengan melakukan servis rutin, dong. Jangan lupa. Jika telah mencapai jarak tempuh tertentu, sepeda motor wajib dicek kondisinya.

Lalu, apa saja yang perlu diservis? Ini, nih. Ada 8 bagian yang wajib dicek saat servis motor. Mari simak penjelasannya berikut.

1. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Jadi, kalian mesti rutin menggantinya sesuai jarak tempuh yang tercapai. Ingat, ya. Sesuai jarak tempuh. Sementara rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian oli mesin pada angka 2.500 km. Berarti makin sering motoran, makin sering pula ganti oli mesin.

Para pemotor aktif mau tidak mau mesti waspada, ya. Jangan sampai lalai demi keawetan mesin. Pun, demi keselamatan berkendara.

Namun, tak perlu terlalu cemas juga. Beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5.000 km/2× lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih,  kalau retailer ini mengklaim bisa 2 x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

sumber gambar dari planetban.com


2. Oli Gardan

Perihal oli gardan ini mesti diperhatikan oleh para pengguna motor matic. Mengapa? Sebab oli gardan wajib diganti secara rutin. Rumus penggantiannya 2x ganti oli mesin, kemudian baru disertai dengan 1x ganti oli gardan.

Perlu diketahui, oli gardan berfungsi melumasi gear yang sudah ada di CVT (Continuously Variable Transmission)

3. Busi

Sejauh pencermatanku, masalah busi kotor atau aus terlalu sering dihadapi orang-orang. Kalau ada sepeda motor mogok, distarter tak nyala-nyala, ujungnya ketahuan kalau masalah terletak pada busi.

Waspadalah. Busi adalah onderdil motor yang berfungsi mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin menyala. Alhasil, busi yang bermasalah menyebabkan motor mogok. Berarti perlu ganti busi.

4. Kampas Rem

Sepeda motor wajib sehat remnya. Jangan sampai kampas rem tipis sehingga rem tidak pakem. Itu 'kan berbahaya. Sekalian cek riceklah kondisi rem manakala melakukan servis motor. Ingatlah bahwa rem merupakan faktor penting untuk keamanan dan keselamatan berkendara.

5. Filter Udara

Ketika melakukan servis motor, mekanik pada umumnya sekalian memeriksa kondisi filter udara. Jika masih layak dipakai akan dibersihkannya. Jika tidak, dia akan menggantinya. Tentu dengan persetujuan kita.

O, ya. Filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Penyaringan itu untuk menjaga agar tidak ada kotoran yang masuk. Kalau sampai ada kotoran di ruang pembakaran, sistem injeksi dan karburator bisa terhambat.

6. Aki atau Accu

Agar motoran nyaman, accu harus masih layak pakai. Kriteria layaknya adalah tidak bocor, kondisi terminal tidak berkarat, dan tegangannya sesuai ketentuan.

Adapun ketentuannya begini. Jika dalam kondisi mesin mati, tegangan accu harus antara 12,3-12,6 Volt. Jika mesin menyala, idealnya tegangan accu antara 13,7-14,2 Volt.

7. Ban

Jangan lupa. Cek ban sepeda motor kalian secara berkala. Tekanan udara di dalamnya bagaimana? Jika ban luar sudah tipis (gundul), segeralah bawa ke bengkel. Ganti ban.

8. Tune up Motor Rutin

Tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen. Terkhusus komponen-komponen yang terkait dengan performa sepeda motor. Biasanya difokuskan pada pemeriksaan tekanan ban, tegangan rantai, rem, lampu, karburator, dan klakson.

Tak jarang ketika tune up, mekanik sekalian mengganti oli mesin, oli gardan, atau onderdil (sparepart). Tentu atas persetujuan pemilik sepeda motor.

Servis Motor Rasa Mesin Baru di Planet Ban

Karena servis motor merupakan perkara penting, pakailah jasa bengkel yang tepercaya. Yang jelas rekam jejaknya. Misalnya Planet Ban.

Planet Ban memang layak direkomendasikan. Sebab di situ, kalian dapat memperoleh servis motor rasa mesin baru.

Ngomong-ngomong, servis motor rasa mesin baru itu sebenarnya merupakan sistem servis terpadu. Tujuannya meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara cepat dan hemat.

Fokus servis motor rasa mesin baru adalah pemeriksaan bagian vital yang tersembunyi serta relatif jarang dicek dan disetel rutin.

Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban

Servis motor di Planet Ban punya beberapa manfaat. Di antaranya:

- Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi. Dengan demikian, performa motor dapat meningkat. Mesinnya pun terproteksi sehingga lebih awet. Tidak bakalan kerap rusak

- Jika penggunaan oli dan cairan khusus tersebut dikombinasikan dengan penggunaan orderdil (sparepart) asli, sepeda motor jadi lebih nyaman dipakai. Mesinnya dingin, bisa tahan lama, dan tarikan enteng.

- Tidak perlu sering menyambangi bengkel untuk ganti oli. Cukup 4 sampai 6 bulan sekali. Kalau telah mencapai jarak tempuh 5.000 km saja.

- Biaya servis motor di Planet Ban jatuhnya lebih hemat daripada di tempat lain.

- Cairan khusus berteknologi tinggi dan rentang waktu penggantian oli yang lama menyebabkan emisi dan polusi dari sepeda motor berkurang. Ini berarti kalian telah ikut memelihara dan menjaga lingkungan.

Setelah mengetahui sederet manfaat melakukan servis di Planet Ban, akankah kalian memilih tempat lainnya?

Mengapa Harus Servis Motor di Planet Ban?

Mengapa harus servis motor di Planet Ban? Karena pelayanannya total, yaitu servis rasa mesin baru.

Jika sepeda motor kalian diservis di tempat lain, kemungkinan ada kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesinnya. Tak jarang masih ada pula kotoran dan debu di blok CVT,  padahal kondisi tersebut membuat motor terasa berat.

Lain halnya jika kalian memakai jasa mekanik Planet Ban. Seluruh bagian mesin akan dibersihkan total hingga ke bagian-bagian tersembunyinya. Kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, dan throttle body pun bakalan terbebas dari sisa-sisa pembakaran, debu, dan kotoran.

Alhasil, mesin sepeda motor kalian menjadi seperti mesin baru. Bersih total sehingga tarikannya jadi lebih enteng. Emisinya turun lebih dari 70%. Plus lebih hemat BBM.

Bagaimana dengan biayanya? Tidak usah khawatir. Servis motor di Planet Ban memang lengkap dan tuntas pengerjaannya. Akan tetapi, harganya amat terjangkau.

Untuk servis motor injeksi dibandrol harga Rp20.000, 00. Untuk servis CVT sekaligus rantainya seharga Rp19.500,00. Adapun servis throttle body dibandrol harga Rp20.000,00.

Bagaimana? Valid terjangkaunya 'kan?

Penutup

Sekarang kalian sudah tahu manfaat servis motor secara rutin. Nah! Ingat atau tidak, kapan terakhir ke bengkel untuk servis motor? Jangan-jangan sudah nyaris setahun lalu?

Wah. Kalau begitu, buruan hubungi Planet Ban yang ada di kota kalian. Supaya afdal, bisa kalian cek ricek dulu di website resminya planetban.com atau di akun Instagram @planetban 








25 komentar:

  1. Planet ban ada di Makassar ndak ya kak...sepertinya mantap tuh untuk service motor saya ..

    BalasHapus
  2. Rekomended banget ya Planet Ban ini. Pengerjaan servisnya teliti dan komplet. Bikin mesin awet...

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Selamat Idulfitri juga, ya. Salam dari Indonesia.

      Hapus
  4. Mesin lama, rasa baru. Mantap banget nih. Mana murah pula. Nanti aku infoin ke suami biar servis motor di Planet Ban aja.

    BalasHapus
  5. saaap catet, makasih sekali infonya passs banget jadwalnya servis niih

    BalasHapus
  6. Rasanya puas ya, habis service motor di Planet Ban. Motor jadi kayak baru lagi. Wus wus...berkendara jadi lebih nyaman.

    BalasHapus
  7. Servicenya murah bangetttt huhuhu harus dicatet biar ngga kelewatan

    BalasHapus
  8. Bene wus wus nek wis di servis neng planet ban mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Njuk bisa pergi sekalian ke planet mars ya hehehhe ...

      Hapus
  9. Ternyata rawat motor itu gak sekedar dicuci, isi bensin, dan ganti oli aja yak, untungnya ada Planet Ban yang bisa kasih harga sangat terjangkau untuk berbagai macam servis. thanks infonya

    BalasHapus
  10. Jadi pengen nyicip servis motor rasa baru juga nih, mbak. Mana gerai Planet Ban ada yang deket banget sama rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weih, lha gene, buruan aja nyicip, eeh nyoba heheheh

      Hapus
  11. Tarif buat servisnya hemat banget, ya. Trus pas cek lokasi, ternyata ada yang dekat rumah dong... nanti aku bisik2 ke bapakku buat servis motor di sini 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe .... kubayangkan dikau yang bawa motornya ke planet ban dg cara dituntun

      Hapus
  12. Udah pernah ganti ban di Planet Ban, ternyata bisa ada servis motornya juga tho, kirain jualan ban doang. Duh... Oke deh pan kapan nyobain layanan servis motornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kupikir, dikau mengira Planet Ban itu ada kaitannya dg tatasurya hehehehe ...

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template