Senin, 19 Februari 2024

Story of My Pemilu 2024

Dokpri Agustina


APA kabar Sobat PIKIRAN POSITIF? Semoga kalian dalam kondisi hepi dan senantiasa diberkahi oleh-Nya SWT. Alhamdulillah ya, kita telah melewati Pemilu 2024.


Ayo, mengaku. Pada 14 Februari 2024 lalu, kalian ke TPS atau tidak? Yup. Ke TPS (Tempat Pemungutan Suara). Enggak lupa kalau pada tanggal itu ada pilpres sekaligus pileg 'kan? Enggak golput 'kan?

BTW aku bersyukur karena pada Pemilu 2024 ini batal golput. Walaupun sejujurnya, ketidakgolputanku tidak begitu organik. Maksudnya, aku tuh sesungguhnya berangkat ke TPS dengan terpaksa. Bukan demi tujuan mulia semacam menunaikan hak dan kewajiban sebagai WNI. Bukan atas nama kesadaran bahwa satu suaraku akan sangat bermanfaat, melainkan gara-gara ditelepon Pakdhe.

"Jadwal kita sampai setengah sepuluh.  Nomor urut kita kecil, lho! Cepat berangkat. Undanganmu kubawa sekalian. Kamu langsung nyusul ke TPS saja. Cepat! TPS-nya di sebelah angkringan Pak Bambang."

"Lebih dari setengah sepuluh masih boleh kok, Pakdhe. Batas terakhirnya pukul satu nanti. Penjadwalan itu agar enggak numpuk saja antreannya," kataku.

"Enggak, enggak. Cepat, cepat. Segera ke sini saja kamu. Jangan bikin repot petugas!"

Singkat cerita, setelah gedubrakan mempersiapkan diri sehabis ditelepon Pakdhe, aku dan Adiba tiba di TPS dengan ngos-ngosan. Gimana enggak gedubrakan? Ditelepon sekitar setengah sembilan dan kami masih rebahan. Masih malas-malasan buat mandi. Haha!

Syukurlah saat turun dari angkutan daring, tanda waktu menunjukkan pukul setengah sepuluh kurang tiga menit. Paaas banget. Syukurlah pula TPS-nya di tepi jalan. Begitu keluar mobil bisa langsung masuk barisan antrean. Nah, sembari antre itulah mata kami bergerilya mencari Pakdhe sekeluarga.

Yoiii. Aku batal golput sebab sungkan. Alamat KK dan KTP-ku 'kan numpang di tempat Pakdhe. Jadi, namaku tercantum di DPT situ. Bukan di tempatku berdomisili.

Sudah pasti ada jarak lumayan yang mesti ditempuh untuk sampai ke TPS. Butuh tenaga dan uang. Plus semangat (atau rasa sungkan yang besar hihi ...).

Dari tempatku berdomisili ke TPS memang cuma sekitar 2 km. Akan tetapi, itu jarak nanggung. Ditempuh dengan berjalan kaki bikin lelah dan berpotensi kepanasan/kehujanan. Ditempuh dengan kendaraan pribadi, enggak punya. Solusi terjitu ya naik angkutan daring.

Namun, masa tunggu orderan angkutan daring saat pemilu selalu lama. Jauh lebih lama daripada hari-hari biasa. Jauh lebih lama menunggu driver tiba daripada durasi naik angkutannya.

Maklumlah. Para driver, baik untuk sepeda motor maupun mobil, juga berpartisipasi dalam pemilu serentak 2024. Jadi, ada yang ke TPS dulu sebelum narik. Ada pula yang malah enggak narik sebab pulang kampung untuk mencoblos di sana.

Ah, kereeen mereka. Pulkam demi mensukseskan Pemilu 2024! Mereka luar biasa. Eee? Aku dan Adiba yang batal golput juga keren, dong. Kalau kalian gimana? Keren jugakah dengan tidak golput?



37 komentar:

  1. Pastilah aku keren karena aku nyoblos dengan penuh kesadaran dan kemauan hehe...nggak karena sungkan sama pakdhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo aku pertimbangannya ongkos transportasi, Kak. Itu yg bikin malas ke TPS.

      Hapus
  2. alhamdullilah kemarin bisa nyoblos setelah beberapa hal yang tidak memungkinkan, tetapi di menit menit akhir masih beruntung

    BalasHapus
  3. Sempat terpikir untuk golput sekelebatan. Gara-gara bingung mau milih paslon yang mana. Tapi buru-buru dikibas. Jadi tetap nyoblos, walau pemilu kali ini menjadi yang tergalau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha galau-galau gimana gitu ya? Klo bagiku paling seru dan paling bikin ketawa juga sih.

      Hapus
  4. semangat banget yah buat nyoblos, sepertinya lokasinya lumayan jauh kudu naek angkutan. kebetulan aku sih deket rumah TPS nya jadi datengnya setengah 12, sudah sepi tanpa antrian dan langsung coblos aja

    BalasHapus
  5. Nyoblos dong, akukan warga negara yang keren :D Meskipun di awal kampanye belum tau mau nyoblos yg mana, Alhamdulillah di detik2 terakhir hari pencoblosan yakin dengan pilihan....

    BalasHapus
  6. galau dr awal mau nyoblos siapa tapi akhirnya tetap menentukan pilihan jadi keren dong saya, meskipun gak dapet 5 surat suara krn nyoblos di perantauan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak jadi soal, Kak. Yang terpenting bisa ikut milih presidennya.

      Hapus
  7. Sejak awal masa pemilu saya dan keluarga semangat untuk nyoblos. Jadi begitu hari H, kami antusias untuk datang dan memberikan suara untuk paslon pilihan kami hehehe

    BalasHapus
  8. Aku juga antusias banget menyambut pemilu kali ini, dan belain pulang kampung biar nggak golput.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus, Kak. Keren sebagai WNI. Semoga pemimpin kita nanti bikin Indonesia kian maju.

      Hapus
  9. kemarin jg sdh nyoblos. tpsnya jauh lgbhehe

    BalasHapus
  10. Semoga saja pemilu yang sudah berlalu ini, berakhir dengan kata damai ya. Tentu saja, damai yang tetap menjunjung tinggi nilai demokrasi dan menjaga rasa kritis membangun bersama.

    BalasHapus
  11. Untung nggak jadi golput ya. Medan berat memang tantangan. Salam.

    BalasHapus
  12. aku ke TPS malah bingung mo milih siapa haha.. Kadang aku salut sama orang-orang yang datang ke TPS seperti ibu ibu atau kakek kakek yang udah sepuh. Rela ngantri, nunggu berjam-jam demi ikut pemilu walau mereka gak tau mau milih siapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tipikal orang-orang taat pada aturan dan pemerintah.

      Hapus
  13. Di tempatku nggak tak kasih pembagian waktu Mbak.. Alhamdulillah masih bisa berjalan secara kondusif 😅

    BalasHapus
  14. Seneng banget kalo org2 gak golput, sampe bela2in mudik demi bisa nyoblos ya. Semoga Indonesia bisa punya presiden yg amanah.

    BalasHapus
  15. Pemilu kemarin nyoblos bersama sekeluarga, pilihannya sama juga sekeluarga kompak. Semoga Indonesia memiliki pemimpin yang bersih dan amanah kepada rakyat.

    BalasHapus
  16. saya gak mau dooong golput, sayang suara, meski hasilnya yaaa gitu deh hikss, tapi setidaknya saya dengan sadar telah memberi hak suara saya, lokasi TPS juga gak jauh kok dari rumah, jalan kurleb 5 menitan pun juga udah sampe :D

    BalasHapus
  17. aku juga nggak golput mba
    sepertinya sejak aku punya hak untuk ikutan memilih, dari awal dulu belum pernah golput
    malah seingetku waktu aku masih kuliah di luar kota, aku balik ke kampung halaman buat nyoblos :D

    BalasHapus
  18. Aku tadinya malas untuk nyoblos mbak, soalnya antriannya panjang, tapi kalo dipikir cuma lima tahun sekali sih, jadinya jam 11 ke TPS dan jam tengah 1 baru pulang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat ya, berarti Anda telah jadi WNI yang baik dan benar. Hehehe ...

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template