Minggu, 24 Desember 2023

Karpet Bunga di UGM

Halo Sobat PIKIRAN POSITIF? Aku mau bercerita tentang Karpet Bunga di UGM nih, yang tempo hari kujadikan sarana reunian dengan teman-teman semasa kuliah. Plus kami jadikan sarana pepotoan tentunya.

Dokpri Erina


Di tengah hamparan bunga-bunga itu sesungguhnya ada tulisan "74 Tahun UGM". Akan tetapi, berhubung peranti memotretku tidak mendukung untuk mengambil gambar dari atas, ya sudah. Seperti itu saja hasilnya.

Hmm. Andai kata punya drone ...

Astaghfirullah. Tak baik berandai-andai. Oke. Lebih elok nikmati saja apa adanya. Sesuai dengan kenyataan. Faktanya, dipotret dari sisi mana pun karpet bunga itu tetap indah. Buktinya banyak pengunjung yang bela-belain berpose di situ, lho.

Dokpri Agustina


Yang bikin tak terduga, tiba-tiba seseorang memanggilku. Menyapa dari kejauhan. Ahaiii. Rupanya Ibu Sri Rumani, rekan sesama Kompasianer Jogja. Beliau menikmati karpet bunga bersama suami, anak, dan cucu. Tentu saja kami berfoto sebagai dokumentasi (baca: untuk dipamerkan di WAG K-Jog hiyahiya ...).

Dokpri Agustina


Faktanya lagi, walaupun tak sukses memotret tulisan "74 Tahun UGM" dengan ciamik, karpet bunga itu tetap menjadi latar foto yang menarik bagiku. Bagi teman-temanku juga. Bagi kami.

Dokpri Agustina
Dokpri Agustina



Nah. Gimana menurut kalian? Muak atau mupeng melihat foto-foto di atas itu? Hahaha!

O, ya. Karpet bunga yang "digelar" di Boulevard UGM itu dalam rangka menyambut HUT ke-74 UGM, almamater kami tercinta. Walaupun belakangan banyak orang yang "memproklamasikan" ogah masukin anaknya ke UGM, gara-gara ketua BEM yang ituuuh, right or wrong is our UGM! 🥰

Eh, tapi itu kabar baik juga. Kalau betul-betul terjadi penurunan jumlah pendaftar ke UGM, berarti persaingan untuk menjadi mahasiswa UGM tak lagi ketat. Peluang lolos SNBP dan SNBT kian besar. Iya 'kan?

Perlu diketahui, karpet bunga di Boulevard UGM digelar 3 hari. Sejak 18 Desember hingga 20 Desember 2023. Adapun karpet bunga itu sesungguhnya merupakan bagian dari pelaksanaan UGM Harmoni.

Dokpri Fortu


Lalu, UGM Harmoni itu apa? UGM Harmoni merupakan pertunjukan yang menampilkan instalasi seni merangkai bunga beyond art. Sebenarnya selain karpet bunga yang menjadi andalan, ada pula karya lain. Di antaranya instalasi rangkaian bunga yang berbentuk sepeda, buku, kipas, dan kursi.

Namun, mohon maaf. Yang kupotret cuma karpet bunga. Mengapa? Karena lupa. Maklumlah. Hari keburu gelap dan kami mesti segera pulang. Dasaaar.

Barangkali kalian bertanya-tanya, "Karpet bunga itu dibuat dari bunga segar atau bunga imitasi? Apa tidak sayang bunga-bunganya kalau kemudian layu dan cuma dibuang? Bukankah itu pemborosan?"

Tenanglah. Tidak semua bunga yang dipakai merupakan bunga segar. Sebagian merupakan bunga imitasi yang dibuat dari klobot (kulit jagung). Jadi setelah pertunjukan selesai, bunga-bunga imitasinya masih bisa dimanfaatkan.

Dokpri Agustina


Kalau tentang pemborosan, rasanya kok tidak. Karena sebenarnya, bunga-bunga klobot itu sengaja dibeli dari pengrajin tingkat UMKM. Terkhusus pengrajin perempuan penyangga ekonomi keluarga.

Begitulah faktanya. UGM asyik 'kan? Meskipun sepintas lalu tampak sebagai sarana buat hip hip hura belaka, pembuatan instalasi seni merangkai bunga tersebut ternyata berfaedah secara sosial ekonomi.

Jadi gimana, nih? Kembali berminat pada UGM atau kekeuh berpaling darinya?

Dokpri Ammar

58 komentar:

  1. Wah cantik sekali karpet bunganya aku mau juga poto2 di sono kakak

    BalasHapus
  2. Gapapa ga ada drone yang penting masih bisa mengabadikan karpet bunga yang indah. Jadi kangen dolan UGM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak. Masih Alhamdulillah. O, iyaaa. Sempatkan dolan Kak, klo kangen.

      Hapus
  3. Cantik banget karpet bunga di UGM ya, kalau ke Yogyakarta wajib banget ke sana sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang cantik, tapi sekarang sudah enggak ada. Hehehe ...

      Hapus
  4. Waa UGM sudah 74 th.. tambah sukses ya..
    Karpet bunganya cantik banget itu, jangan sampai ada tangan usil yg merusaknya ya kak..

    BalasHapus
  5. Wahh keren banget karpet bunganya, suka banget... btw selamat ya untuk UGM yang ke 74 tahun semoga ke depannya bisa bikin keseruan-keseruan lain yang lebih keren lagiii...

    BalasHapus
  6. Keindahan Bunga berpadu dengan keindahan kampus di kota Jogja, sungguh cita-cita saya ingin sekali bekerja disana, meskipun dengan umr terkecil di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan kerja di sini, Mas, ke Yogyakarta tuh enaknya sbg turis aja.

      Hapus
  7. Sampai sekarang masih g paham saya itu sama konsep karpet itu mb, itu bunga beneran atau bagaimana ya kok bisa realis gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagaimana yg tertulis di artikel, itu campuran bunga segar dan bunga dari klobot.

      Hapus
  8. Bagus banget, tapi karpet yang nggak bisa diinjak ini sih. Seru pasti ya kemarin bisa merayakan HUT UGM ke-74 bersama teman-teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah klo niat nginjak bakalan digelandang satpam.

      Hapus
  9. Wah, seru dan kreatif banget. Tidak hanya unjuk kreativitas untuk merayakan 74 tahun UGM, tapi juga memberdayakan ekonomi masyarakat dengan membeli produk dan hasil kreasi pengrajin tingkat UMKM sebagai bahan dasarnya. Keren nih.

    BalasHapus
  10. Idenya kreatif yaak. Andai aja lebih besar lagi, semisal memenuhi lapangan. lholholho dikasih hati minta jantung. Hehe
    Tapi seriusan itu keren sih, meskipun beberapa bukan dari bunga asli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo memenuhi lapangan, relawan pembuatnya berarti kudu lebih banyaaak.

      Hapus
  11. Dulu pas SMA tuh pengin banget bisa kuliah di UGM, hehe, kampus favorit banget. Dan suasana Jogja tuh kayak adem banget gitu. Tapi qadarullah ga boleh kuliah di luar kota sama ortu, akhirnya melipir jadi relawan yang sering keluar kota wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe sekarang bisa banget ke UGM, langsung ke museumnya aja utk tahu sejarah UGM sekalian.

      Hapus
  12. Aduh auto berdoa ga ada yang jahil ngerusak karpet bunga seindah ini. Penasaran deh pengen lihat langsung!

    BalasHapus
  13. Cantik sekali karpet bunganya. Asyik buat foto2 ya dan dikagumi. Semoga gak ada yg vandalisme di sana.

    BTW ultahku sama seperti UGM.

    BalasHapus
  14. indahhhhh banget omggggg btw kangen bgt ke UGM.. meski aku dlu kuliah di uin tapi mainnya ke ugm

    BalasHapus
  15. Ihhh bagus bangett. Jadi inget taman yang di bandung. Duh, lupa lagi namanya. Sayang, aku udah gak di Jogja lagi, hiks :(

    BalasHapus
  16. Ide karpet bunga imitasi dari klobot ini unik banget, asli! Jadi meski imitasi tetap ramah lingkungan ya. Apalagi dipesannya di umkm makin memakmurkan perekonomian juga. Mantap buat UGM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah. Jadinya bisa bermanfaat bagi banyak orang.

      Hapus
  17. Oalaaah...itu bunga-bunga cantiknya dari klobot? Asli baguuuus. Perajin bunga klobotnya juga pasti seneng banget, nih.

    BalasHapus
  18. Cakep karpet bunganya. Mirip dengan di taman bunga nusantara. Itu karpet bunganya luas berapa? Dikerjain berapa lama ya? Kepo jadinya 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngerjainnya dan ngebubarinnya cepat, kok. Relawannya kan babyak.

      Hapus
  19. Yah Mbak, kok lali ra difoto e yang intalasi bunga bentuk sepeda, buku, kipas, dan kursi. Jadi penasaran. Ku kira cuma karpet bunga ini. Ternyata ada yang lain ya. Btw salut sama cerita di balik ini yang melibatkan para UMKM pengerajin bunga-bunga ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyoeee, Mbaak. Apa hendak dikata? 😁 Telanjur lupa.

      Hapus
  20. Whah indah sekali potret karpet bunganya, kreatif sekali dan sangat instagramable. Pas buat spot swafoto.
    So proud dengan proses pembuatannya yang juga melibatkan teman-teman pelaku UMKM

    BalasHapus
  21. Ya Allah kampus impian aku, pingin sekolah lagi ambil master di sini. Senang banget baca artikel ini karena di balik keindahan ini juga melibatkan para pelaku UMKM

    BalasHapus
  22. Wah kreatif banget ini yang bikin bunga. Meski nggak bisa foto dari atas tapi udah dibikin takjub kak sama karya karpet bunga ini yang ternyata di beli dari UMKM, keren banget turut meningkatkan ekonomi sosial ya. Yaaaahh, padahal aku penasaran juga gambar sepeda, buku, dan lain-lain. Ahh emang kalau udah ketemu temen jadi rempong dan lupa segala-galanya 😂

    BalasHapus
  23. Ini sih karpet yang tak boleh diinjak2 hahaha :D
    gak semua bunga asli tapi tetep cakep yaaa.
    Tapi mbak aku gak percaya kalau peminta UGM berkurang wkwkwk.
    Duh aku jadi kangen deh main2 ke UGM, semoga pas ke Yogya bisa ajak anakku tur ke sana. Terakhir ke UGM kyknya zaman aku mahasiswa ya Allah lama sekali. Aku suka sekali masjidnya. Makin bagus yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, Mbak, maskam UGM memang cakeeep. Aku pun betah di situ.

      Hapus
  24. Bagus ya karpet bunga nya kreatif nih susun bunganya bisa seperti puzzle keren banget

    BalasHapus
  25. Ih, cakep banget ya, kalo gini sih bakal betah di kampus kita, xixixi.. Yg bikin bangga sih karena beli bunganya dari UMKM, jadi terbantu kan mereka.

    BalasHapus
  26. Wahs aya juga alumni UGM ,sayangnya pas acara ini saya ga ke Jogja mba, baru tahu juga ada karpet UGM jadi pengen kesana deh jadinya, kangen UGM jadinya

    BalasHapus
  27. Bagus banget ini konsepnya, estetik kampus dengan bahan ramah lingkungan yang diperoleh dari UMKM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Mbak. Alhamdulillah bisa estetik, ramah lingkungan, dan berfaedah secara ekonomi.

      Hapus
  28. Bagus banget tempatnya, pengen suatu hari bisa masuk sini

    BalasHapus
  29. Yeee....cantiknya itu taman. Kenapa gue pas kuliah ngak ada begituan ya di UGM. Akunya yang ketuaan ya angkatannya. Hahaha... Atau akunya yang kuper, tempat nongkong hanya di Maskam UGM. Wkwkw... Foto-fotonya keren dah.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template