Jumat, 06 April 2018

Cintai Indonesia Tendanglah Hoax

"Jangan pernah lelah mencintai Indonesia" -- Sukardi Rinakit

YUP! Jangan pernah lelah mencintai Indonesia. Apa pun kekurangan dan keburukannya. Bukankah hakikat cinta adalah penerimaan? Menerima apa pun kondisi dari yang kita cintai. Entah baiknya, entah buruknya. Entah lebihnya, entah kurangnya.

Bagaimanapun, Indonesia itu 'kan tanah air dan tumpah darah kita. Kita lahir di bumi Indonesia. Makan dan minum dari hasil bumi Indonesia. Menghirup oksigen Indonesia. Sudahlah. Pokoknya semua serba Indonesia. Lha wong kita ini orang Indonesia, kok. Masak maunya mencintai negara lain?

Bagaimana cara paling jitu untuk mencintai Indonesia? Hmm. Tentu saja tak sekadar bilang cinta. Tak sekadar membawa bendera merah putih ke mana-mana. Tak cuma bersyair tentang rasa cinta pada Indonesia.

Lalu, dengan cara apa? Sudah pasti dengan cara melakukan hal-hal bermanfaat bagi Indonesia. Yakni hal-hal yang bisa membuat Indonesia damai sejahtera dan tak sampai terkikis eksistensinya.

Kalau begitu, haruskah kita menjadi seorang pahlawan? Mestikah kita punya jabatan tinggi? Wajibkah kita menjadi seorang tokoh terkenal terlebih dulu?

Wuahduh! Repot dan rumit amat dong, kalau begitu. Eksklusif. Aih, aih. Masak untuk mencintai tanah air sendiri mesti dibikin repot dan rumit kekgitu? Dibikin enjoy dan simpel sajalah.

Kau tahu, gaes? Cinta itu jangan dibuat repot dan rumit, ya. Tapi dibuat santai sesantai di pantai, enjoy, mudah, dan indah. Setuju? Hehe ....

Demikian pula halnya dengan rasa cinta pada Indonesia. Tak usah menunggu kelak dan nanti. Tak usah menunggu jadi tokoh dan orang hebat terlebih dulu. Saat ini juga, mari mencintai Indonesia. Sebagai warganet, cukup dengan satu hal saja.

Satu hal apakah itu? Tak lain dan tak bukan, dengan cara menendang hoax sejauh-jauhnya dari kehidupan kita. Mengapa hoax mesti ditendang sejauh-jauhnya? Sebab eksistensi Indonesia bisa terkikis, bahkan runtuh akibat hoax.

Sungguh. Persatuan dan kesatuan bangsa kita lambat-laun dapat runtuh bila tiap detik senantiasa digempur hoax. Adanya saling curiga melulu di antara sesama anak bangsa. Huft! Runyam pokoknya.

Sudah ada contoh beberapa negara yang berantakan akibat hoax. Nah, lho. Masak sih, kita tak mau belajar dari pengalaman buruk mereka itu?

Jadi, marilah cintai Indonesia dengan sepenuh hati. Dan, tendanglah hoax sejauh-jauhnya. Oke?


#menujuindonesiamaju
#flashbloggingjogja

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template