Rabu, 12 April 2017

Tamasya Rusa di Tengah Kota

KALAU ke Jogja mbokyao bertamasya rusa. Jangan hanya mengunjungi destinasi-destinasi wisata yang mainstream, dong. Sesekali mampirlah ke kantor BPKS yang berhalaman luas. Untuk apa? Untuk menyaksikan rusa-rusa yang berkeliaran bebas. Itu rusa asli, lho. Bukan rusa KW alias rusa-rusaan. Jenisnya rusa Timor (Cervus timorensis). 

Eh? Kantor BPKS? Iya, kami--warga setempat-- menyebutnya begitu. Kalau yang sebenarnya sih B2P3KS. Yakni singkatan dari Balai Besar Penelitian Permasalahan dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial; yang bernaung di bawah Departemen Sosial. 

Mengapa sampai ada rusa-rusa berkeliaran di situ? Semua bermula dari  izin penangkaran yang diberikan berdasar Keputusan Kepala BKSDA Yogyakarta. Menurut informasi yang kuperoleh, izinnya bertanggal 8 Mei 2004 dengan No. SK. 06/IV-K.14/Prog/2004. 

Diriku sih kurang tahu detil gimana-gimananya. Belum sempat mengulik lebih jauh mengenai sejarah eksistensi rusa di situ. Namun yang jelas, daku beserta seluruh warga setempat jadi punya tempat "piknik sore" yang lumayan asyik. Gratis pula. Dan, lumayan instagramable. 

Lebih dari itu, di lokasi seluas 3,5 hektar (kurang lebih) tersebut kami dapat mengenalkan cinta satwa kepada anak-anak. Daripada pergi ke bonbin tiap hari, bukankah jauh lebih hemat jika tiap sore menengok rusa-rusa BPKS? Hehehe ....

O, ya. Kantor BPKS itu beralamat  di Jl. Kesejahteraan Sosial No. 1 Nitipuran Yogyakarta. Tak jauh dari Malioboro, kok.

Bingung? Begini saja, deh. Carilah perempatan Patangpuluhan. Dari perempatan itu silakan belok ke barat, menuju kampus UPY (Universitas PGRI Yogyakarta). Kalau sudah nemu perempatan kecil tak bernama-tak berlampu merah, belok kiri (arah ke selatan). Lalu, teruslah ke selatan sampai nemu plang nama BPKS. Sampai, deh.

Sebuah pemandangan yang keren 'kan?

Makan rumput doyan, (sayangnya) makan plastik dari bak sampah juga doyan

Ih, sadar kamera

Malu-malu mengunyah
Kalau sudah melihat plang nama ini, berarti sudah sampai


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template