Senin, 16 Mei 2022

Di Teras Malioboro 1

APA kabar Sobat PIKIRAN POSITIF? Masih dalam kondisi sehat dan hepi 'kan? Semoga. Masih setia taat prokes juga 'kan?

Baiklah. Sekarang berarti telah siap menyimak ceritaku ini. Muehehehe .... 
 
Cerita apakah? Tak lain dan tak bukan, cerita tentang situasi long weekend tempo hari di Malioboro. Terkhusus di Teras Malioboro 1.
 

Dokpri/Tinbe Jogja


O la la! Andai kata tahu, saya pasti akan membatalkan niat ke area super macet itu. Biasanya aku memang menghindari Malioboro saat akhir pekan dan liburan. 

Alasannya apa? Karena terlalu banyak wisatawan. Kalau kondisi berjubel pengunjung begitu, mana bisa memotret dengan leluasa? Mau minta dipotret pun susah. Salah satu buktinya ya tadi.

Duileee. Alangkah sukar mencari momentum njepret tulisan yang terpampang di halaman Teras Malioboro 1. 
 

Dokpri/Tinbe Joga

Dokpri/Tinbe Jogja

Berhubung lama enggak kosong-kosong, ya sudah. Terpaksa hasil jepretanku mengandung penampakan orang-orang. Adapun rencana untuk narsis di situ, terpaksa kubatalkan. 'Ntar aja kalau situasi dan kondisi Teras Malioboro 1 kondusif.

O, ya. Sesungguhnya ada hal yang bikin sedih dari foto tulisan di atas. Itu 'kan sesungguhnya cuplikan puisi karya Penyair Joko Pinurbo. 

Semula nama sang penyair tak dicantumkan. Kini dicantumkan meskipun yaaa terkesan apa adanya. Kurang niat gitu, deh. Parah nian!
 

Dokpri/Tinbe Jogja
Dokpri/Tinbe Jogja

Apa boleh buat? Perjalananku ke Teras Malioboro 1 sore tadi ternyata bikin sedih. Membuatku tersadarkan bahwa predikat kota pelajar tak cukup mendorong para pengelolanya di segala lini untuk mau B-E-L-A-J-A-R. 

Buktinya banyak orang menyukai kalimat viral karya Joko Pinurbo, tetapi sedikit banget yang tahu bahwa itu karya beliau. Bahkan pihak yang memerintahkan pencantuman karya tersebut di Teras Malioboro 1 pun, enggak paham.

Ini baru satu kasus. Tentu saja masih banyak kasus yang lainnya. Hmm. 

MORAL CERITA:
Masih banyak orang yang tak paham tentang hak cipta. Tidak menganggap penting pencantuman nama si empunya karya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!