Selasa, 30 April 2019

Festival Bunda Generasi Maju

BEGITU tiba di JEC, sejauh mata memandang adanya nuansa merah ....

"Acara apa ini, Mbak? Kok pakai merah semua? Kampanye partaikah?" Tanya sang driver OJOL yang mengantarku. Sembari melepas helm aku terkekeh-kekeh karenanya.

"Pilpres pileg sudah lewat, Paaak. Ini acara SGM. Bukan acara partai. Tahu SGM 'kan, Pak?" Aku gantian bertanya.

"Oh, yang susu itu? Yang bungkusnya merah? Iya, tahu. Saya sering liat iklannya."

Duileee, si bapak. Lucu banget pertanyaannya. Lumayan bisa mengurangi pusing yang menderaku sejak semalam. Daan, pusingku makin terkurangi ketika kutemukan properti untuk berfoto ini. Hehehe .... 




Dari foto di atas, kalian pasti langsung paham. Yup, yup. Tatkala itu, Minggu 28 April 2019, aku memang menghadiri Festival Bunda Generasi Maju. Pastinya persembahan dari SGM, dong.

Perlu dicatat bahwa aku tak sendiri dalam hal bahagia sebab ada fasilitas untuk narsis-narsis. Silakan amati foto berikut. Tiap orang rela antre untuk mendokumentasikan gaya narsis masing-masing 'kan? Baik bunda maupun calon bunda, semua sabar menanti giliran. Haha!





#LangkahAwalDukungGenerasiMaju
#FestivalBundaGenerasiMaju

Para Bunda Dimanjakan 

Tak kusangka, Festival Bunda Generasi Maju benar-benar memanjakan para bunda yang hadir. Betapa tidak? Selain ada area foto cantik, ada pula beberapa area asyik lainnya. Mari kutunjukkan satu per satu.

AREA BUNDA SEHAT
Inilah area yang sesungguhnya paling menarik minatku. Mumpung kepala sedang pusing, aku berniat periksa tensi atau apalah-apalah yang relevan. Namun, apa boleh buat? Ini area untuk cek ricek kesehatan dan konsultasi kehamilan serta melakukan USG. Jadi, aku menjadi pasien yang tertolak. Mau meng-USG-kan apa, coba?





AREA BUNDA CANTIK
Kalau di sini aku tidak tertolak. Aman. Berarti boleh percaya diri kalau tergolong cantik. Akan tetapi, tetap ya .... Fokus konsultasinya adalah kecantikan dan kosmetika untuk ibu hamil. Insya Allah produk kosmetiknya halal. 'Kan Wardah punya?






AREA BUNDA CERDAS
Area ini mengesankanku. Mengapa? Sebab aku mampu menjawab kesepuluh pertanyaan yang diajukan. Hadiahnya berupa tas belanja centil. Hehehe  .... Pertanyaan yang diajukan seputar fakta dan mitos terkait kehamilan. Salah satunya ini, "Bayi/janin akan susah tidur bila sang ibu minum teh atau kopi. Fakta atau mitos?" Nah, lho. Menurut kalian, apa jawabannya?





AREA BUNDA SANTAI
Wah, yang ini nih yang paling disukai oleh bunda pegal. Sebab di sini para bunda hamil maupun tak hamil, bahkan para mbak, bisa bersantai seperti di pantai. Duduk manis merilekskan diri sembari dihilangkan pegalnya. Ada dua alternatif yang ditawarkan. Yakni totok wajah dan pijat kaki.






AREA BUNDA JAJAN
Ini adalah area kedua yang kusambangi. Setelah berpose sok cantik dengan arahan gaya oleh Bunda Prima Hapsari, aku segera ke sini. Maklumlah. Lapar bangeeet. Belum sempat sarapan, ciiin. Alhamdulillah menunya sehat dan cukup bikin kenyang. Namun entah mengapa, pusingku tak kunjung hilang. Hmm. Berarti pusingku bukan karena lapar. Haha!




Yang tak terduga, sebelum acara inti dimulai ada pembagian sampel SGM Bunda. Itu lho, susu untuk ibu hamil. Kebetulan aku mendapatkan jatah rasa cokelat. Enaaak. Walaupun enggak hamil, insya Allah tetap bermanfaat bagi tubuhku.

Sebagai tambahan informasi, SGM Bunda punya tiga varian rasa lezat. Ada rasa cokelat, orange, dan stroberi. Bayangkanlah, bayangkanlah kelezatannya. Apalagi bisa diminum dingin juga.  Bisa dicemplungi es batu juga.





Petuah Dokter Edo

Acara inti dari Festival Bunda Generasi Maju adalah perbincangan tentang pentingnya asupan nutrisi pada 1.000 hari pertama kehidupan. Narasumbernya dr. Eduardus Raditya Kusuma Putra, p. OG atau yang biasa disapa Dokter Edo.

Dokter Edo menyampaikan bahwa masih banyak ibu hamil yang lalai untuk menjaga asupan nutrisinya. Padahal asupan nutrisi yang kurang, terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan, bisa berakibat sangat buruk. Mengapa begitu? Sebab masa 1.000 pertama kehidupan itu merupakan fase pembentukan organ tubuh yang penting.

Apa saja dampak buruk yang terjadi bila nutrisi ibu hamil tak tercukupi? Di antaranya bayi lahir prematur dan berat badan bayi saat lahir minim (jika ibu kekurangan zat besi), bayi lahir cacat (jika ibu kekurangan asam folat).

Dokter Edo juga menegaskan bahwa ibu hamil dilarang diet. Tidak diet saja bisa kekurangan nutrisi. Apalagi kalau diet sembarangan. Sebaiknya tak perlu cemas dengan pertambangan berat badan saat hamil. Dan terpenting, rutinlah mengontrolkan kehamilan ke dokter atau bidan. Jadi andaikata ada kekurangan nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) ataupun mikro (zat besi, asam folat, vitamin D), bisa segera diketahui dan diatasi.




Lalu, mengapa perlu minum susu SGM Bunda? Baik Dokter Edo maupun Mbak Renata (perwakilan SGM) menyatakan bahwa susu SGM Bunda sifatnya mencukupkan nutrisi ibu hamil. Setelah mengonsumsi makanan sehat, yang mengandung nutrisi makro dan mikro, siapa tahu masih ada celah yang belum terpenuhi. Pada titik inilah susu SGM Bunda mengambil peran: membantu MENCUKUPKAN.

Prenatal Couple Yoga, Demo Masak, dan Demo Kecantikan

Setelah acara bincang-bincang dengan Dokter Edo dan perwakilan SGM usai, kursi-kursi dipinggirkan. Yup, yup. Tengah ruangan dikosongkan sebab akan dipergunakan untuk prenatal couple yoga. Instrukturnya Bidan Dheska dan Ratih dari AWJPGY (Asih Waluyo Jati Prenatal Gentle Yoga).

Prenatal couple yoga adalah yoga yang dilakukan secara berpasangan. Bisa dilakukan ibu hamil bersama dengan sang suami. Bisa pula dengan pendamping lain (selain suami). Tujuannya untuk melatih pernapasan sang ibu hamil sehingga kelak saat bersalinnya lancar. Dapat mengejan dengan baik dan benar, juga meminimalkan rasa sakit.

Tentu saja aku cuma jadi penonton. Selain merasa tidak hamil, pusingku mau tak mau agak menggerus semangatku untuk aktif bergerak. Maka aku banyak duduk sembari mengamati saja. Hehehe ....





Begitu yoga massal selesai, kursi-kursi kembali ditata. Selanjutnya peserta kembali duduk manis di kursi untuk mengikuti demo kecantikan dan demo masak. Demo kecantikan pastilah dari Wardah. Apa yang ditampilkan? Yakni cara merawat kulit wajah dan cara berdandan simpel tatkala hamil.

O, ya. Sebelum demo kecantikan ada demo memasak. Chef Anton Yanwar Susilo yang memandu. Menunya spesial untuk ibu hamil dan berbahan dasar susu SGM Bunda. Dengan demikian, pastilah tinggi nutrisi. Layak juga aku konsumsi, dooong. Bukan bunda hamil pun butuh kudapan sehat 'kan?

Ada tiga menu yang dibuat. Ketiganya adalah es jeruk pelangi (dengan SGM Bunda orange), es sirsak stroberi (dengan SGM Bunda stroberi), dan es alpukat lapis cokelat (dengan SGM Bunda cokelat). Kebetulan aku mendapatkan jatah es sirsak stroberi dan puding cokelat. Hmm. Agak bingung juga aku. Ini kok ada puding cokelat? Tadi 'kan tidak didemokan? Entahlah. Yang penting kunikmati sepenuh hati saja. Hehehe ....







Bagaimana? Seru 'kan pengalamanku di Festival Bunda Generasi Maju Jogja? Para bunda yang berdomisili di Jakarta dan Bandung silakan siap-siap ikut, ya. Yang belum bunda juga boleh. Menurut rencana, festival serupa akan digelar di kedua kota tersebut pada tanggal 21 Juli 2019 (Jakarta)  dan 28 Juli 2019 (Bandung). Pokoknya ikuti terus akun FB SGM Bunda. Update info ada di sana. Oke?


#FestivalBundaGenerasiMaju
#LangkahAwalDukungGenerasiMaju





26 komentar:

  1. Lucu pisan pertanyaan abang ojolnya. Wkwkwkwkwkkw

    Bagus ini acaranya. Harapannya biar acara ini diselenggarakan di hampir seluruh Indonesia. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, abang ojolnya belum move on dari pemilu hahaha....

      Oiya, festival bunda SGM memang hanya di kota2 besar, tapi SGM punya program mobile health yang bisa menjangkau ke banyak wilayah di Indonesia. Semoga ke depan makin tersebar banyak.

      Hapus
  2. Wahhh saya ke JEC kemarin cuma isinya baju baju gituu, apa ada yang lain yaa, dimananya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Acara SGM ini berada di luar gedung, sebelah barat bangunan yang untuk baju-baju itu.... Tenda-tenda besar dengan nuansa merah.

      Hapus
  3. waaaahhhh... built in segmen

    wkwkwkwkw

    BalasHapus
  4. Wah enak ada area bunda santai bisa milih totok wajah atau refleksi kaki,...kalau minta keduanya boleh nggak ya mbak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleeehhh ..... baik hati banget kan? Hehehe ...

      Hapus
  5. Salam kunjungan dan follow :)

    BalasHapus
  6. fasilitasnya bener-bener bikin Bunda betah., dan kayaknya gak bayar. karena gk ada tulisan biaya. cuma yang area Bunda jajan apa ya gratis juga mbak?
    hehehe,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua free bagi kawan-kawan blogger yang diundang. Bagi pengunjung umum, hanya dengan beli sepakat susu SGM Bunda (dan pastinya tidak mahal), bisa nyicip semua fasilitas yang ada.

      Hapus
  7. Yang paling ramai pasti Area Bunda Jajan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa. Hahaha.... Kan sayang banget enggak nukerin paspor festival di area bunda jajan?

      Hapus
  8. Intinya gelaran acara ini mengajarkan bunda hamil tetap kudu tampil maksimal ya, kak ...

    Maksimal gizinya juga maksimal dandan dan rileksasi :)



    BalasHapus
  9. Asyik banget kan acaranya mba, yang di Surabaya juga seru banget.
    Benar2 memanjakan ibu hamil. bahkan yang ga hamil juga merasa dimanjakan hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haahaha iyaa, betul, hamil enggal hamil dimanjakan semua...

      Hapus
  10. Wah... Wah... banyak banget area-area untuk Bundanya. Suka. Suka. Ada area santai, kecantikan, bahkan ada area jajan. Bunda2 banget ini.

    Aku suka konsep acaranya. Menarik buat ibu-ibu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bunda-bunda bangeet, tapi yanda-yanda banyak juga yang hadir untuk nganterin para bunda

      Hapus
  11. Wah seru banget acaranya. Jadi ingat sama keponakan saya yang tiap hari minum susu SGM. Btw, nantinya acara ini akan diadakan atau nggak ya untuk area Semarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tahu, Mbak. Mungkin next project untuk Semarang.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template