Jumat, 06 Juli 2018

Mengenal Rumah Syaamil Quran Sleman

SUNGGUH! Dia SWT, Yang Maha Mengingatkan, selalu punya cara untuk mengingatkan hamba-hamba-Nya. Baik dengan cara haluuus maupun cara yang super duper blak-blakan. 

Dan setelah sekian lama agak membandel, Alhamdulillah kemarin aku mendapatkan giliran diingatkan oleh-Nya. Hehehe .... Jadi malu. Tapi menurutku sih, memang begitu. Kemarin aku memang diingatkan oleh-Nya. Melalui cara yang menyenangkan. Bukan melalui cara yang merobek-robek perasaan. #Halah 

Jadi, ceritanya begini. Kemarin pagi aku dan beberapa teman menghadiri sebuah acara keren. Yakni keren muatannya meskipun tanpa gebyar hip hip hura musik cadas. Eh? Duh, maafkan istilahku. Tapi maksudku, acara yang kami datangi itu syahdu dan penuh makna. 

Acara apa, sih? Itu lho, acara penyerahan hadiah MTQ Syaamil Quran. Yakni MTQ yang diselenggarakan oleh perusahaan penerbitan Quran P. T. Sygma Examedia Arkanleema atau Syaamil Quran. Yang kantor pusatnya di Bandung. 

Berhubung juara umumnya Rumah Syaamil Quran Sleman, penyerahan hadiah pun secara simbolik dilakukan di situ. Alhamdulillah juara umumnya dari Rumah Syaamil Quran Sleman sehingga aku ikut kecipratan berkah. Buktinya sebab kemenangan itu, aku menjadi berkesempatan tahu dan mengunjunginya. Iya 'kan?

 
Ibu Ully Theristawati dari Rumah Syaamil Quran Sleman tengah menerima penghargaan dari Syaamil Quran

O, ya. Rumah Syaamil Quran Sleman adalah salah satu dari 141 Rumah Syaamil Quran yang tersebar di seluruh Indonesia. Yakni semacam komunitas yang gigih melaksanakan aneka program pembelajaran Alquran. Mulai dari membaca, menulis, menghafal, hingga mengkaji makna dan mempelajari tafsir dari ayat-ayat Alquran.

Selain itu sebagaimana halnya Rumah Syaamil Quran yang lain, Rumah Syaamil Quran Sleman pun berfungsi sebagai salah satu outlet resmi distributor produk Syaamil Quran. Kalau ingin tahu lebih detil mengenai produk-produk tersebut bisa langsung dilihat di sini, ya. 

Begitulah adanya. Rumah Syaamil Quran memang berfungsi ganda. Dengan demikian, masyarakat umum bisa sekaligus mendapatkan dua manfaat darinya. Pertama, bisa membeli produk dari Syaamil Quran. Kedua, bisa belajar Alquran di Rumah Syaamil Quran

Jadi konsumen tak sekadar membeli produk, kemudian dibiarkan membacanya begitu saja. Sebagai tindak lanjut, bila memang membutuhkan, konsumen pun diberi kesempatan untuk mempelajari produk yang dibelinya dengan lebih mendalam. Yakni dengan cara ikut belajar di Rumah Syaamil Quran

Program Andalan Rumah Syaamil Quran Sleman  

Lalu, program apa saja yang ditawarkan oleh Rumah Syaamil Quran Sleman milik Ibu Ully Theristawati? Wah. Program-programnya istimewa, lho. Tak kalah istimewa dari martabak dan Jogja. Hehehe .... Di antaranya program Tabuba, Talia, dan Tamimah.

Tabuba (Tahfidz Ibu dan Balita) merupakan program pembelajaran Alquran untuk ibu dan balita. Adapun kategori balita di sini dimulai dari usia 1-5 tahun. Menurutku, program ini amat seru. Dan rupanya, memang menjadi andalan dari Rumah Syaamil Quran Sleman

Karena terkait dengan balita, pelaksanaan Tabuba pun sangat fleksibel di segala lini. Disesuaikan dengan situasi dan kondisi si balita. Yang penting bisa belajar dan menghafal Alquran. 

Bagaimana Tabuba itu dijalankan? Begini. Si balita diajari/dikenalkan dengan huruf hijaiyah. Diajari pula untuk membaca Alquran mulai juz 30, dengan metode answer and question. Sementara untuk sang ibu, ada materi parenting dan seputar kerumahtanggaan. 

 
Unsur bermain sudah pasti dominan di program Tabuba ini

Talia (Tahfidz Belia) merupakan program pembelajaran Alquran untuk anak-anak usia 6-12 tahun. Kalau program yang ini sih, para pesertanya sudah lumayan bisa berdisiplin. 

Para peserta program Talia

Yang ketiga adalah Tamimah (Tahfidz dan Tahsin Muslimah). Sementara ini program Tamimah belum berjalan rutin. Penyebabnya, para peserta masih belum bisa saling klop dalam menyusun jadwal belajar.

Alhamdulillah ....

Sungguh. Kemarin itu aku betul-betul disadarkan kembali oleh-Nya untuk kembali on the track. Terkhusus untuk selalu mencintai Alquran. Tentu bukan cinta yang sekadar cinta, ya. Tapi mau rutin membacanya serta bersedia mengkaji dan mengamalkan isinya. 

Hmm. Tapi sejujurnya aku yo isin berada di Rumah Syaamil Quran Sleman itu. Malu sama anak-anak SD yang hafalan Qurannya jauh lebih banyaaak dariku. #Tepok jidat kuat-kuat 

O, iyaaa. Hampir saja kelupaan. Rumah Syaamil Quran Sleman itu beralamat di Pogung Dalangan Nomor 27 B, Sinduadi, Mlati, Sleman. Tepatnya di depan Masjid Pogung Raya. Adapun nomor kontak yang bisa dihubungi 0857-3034-2136 (Ibu Ully Theristawati).

Bila tertarik untuk mengikuti salah satu program yang ditawarkan, silakan langsung hubungi nomor kontak yang tertera

4 komentar:

  1. Masya Allah... Makasih mb tinbe. aku baru cari program ini.

    BalasHapus
  2. Sungguh luar biasa, semoga programnya lebih bisa maju dan meluas. Sehingga banyak orang yang mengenalnya.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template