Senin, 13 November 2017

Sekaten 2017 adalah Sekaten Taun Dal

TERNYATA Sekaten tahun 2017 ini merupakan Sekaten Taun Dal. Tepatnya memasuki Taun Dal yang ke-1951. 

Lalu, apa beda Sekaten Taun Dal dengan Sekaten tahun-tahun selainnya? Begini. Biasanya perayaan Sekaten Taun Dal jauh lebih ramai dan meriah. 

Mengapa begitu? Sebab Taun Dal hanya terjadi delapan tahun sekali. Tiap satu windu. Maka tidak mengherankan bila kemeriahannya dibikin berlebih.

Tentu hal itu wajar adanya. Sesuai dengan makna dari istilah  Taun Dal. Yakni tahun dalam hitungan kalender Jawa yang merupakan tahun besar. Adapun penyebutan besar itu didasarkan pada alasan bahwa 1 syawal, 12 Mulud, dan 1 Muharam pada tahun tersebut jatuh pada hari Jumat.

Nah, lho. Itulah sebabnya kusebut wajar bila Sekaten Taun Dal memiliki tradisi istimewa. Yup! Istimewa karena berbeda dengan tahun-tahun selain Taun Dal. 

Intinya, pada perayaan Sekaten Taun Dal (termasuk pada Sekaten Taun Dal 2017 ini) akan  lebih banyak atraksi budaya yang ditampilkan. Beberapa ritual khusus dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat pun tak ketinggalan akan lebih ditonjolkan. Di antaranya ritual mbusanani Pusaka Dalem, pemangkasan pohon beringin, mbethak kendhil Kanjeng Kyai Mrica, njejak bata atau tembok banon, dan keluarnya gunungan Brama pada pisowanan Grebeg Taun Dal.

Jadi gaesss, ke Sekaten Taun Dal yuuks. Acara pembukaan PMPS-nya saja sudah istimewa. Ada sendratari Ilir Ilir Nginang Suruh segala (yakni tarian yang hanya disuguhkan delapan tahun sekali). Apalagi Sekatennya. Tentu lebih istimewa, dong. Seistimewa rasa di hatiku ini ....

MORAL CERITA:
Yang disebut istimewa memang selalu limited edition, ya? Hehehe ....


2 komentar:

  1. Hahahaha aku suka pesan moralnya. Btw sejak pindah Jakarta aku belum ke Sekatenan lagi, ahh melow

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe....terima kasih telah menyukai pesan moral ituuuh...

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template