Jumat, 04 Agustus 2017

Bukan Selfie Melainkan Swafoto

MENGAKULAH. Anda lebih kerap mempergunakan kata 'selfie' atau 'swafoto'? Hmm. Aku yakin bahwa Anda pasti jarang mempergunakan kata 'swafoto'. Bahkan sangat mungkin, hampir tidak pernah mempergunakannya sama sekali. Iya 'kan? *sama dong, dengan aku*

Kita blak-blakan sajalah. Anda sebenarnya tahu atau tidak kalau ada padanan kata 'selfie' dalam bahasa Indonesia? Dan, padanan kata yang dimaksud adalah kata 'swafoto". Hmmm. Tak usah malu untuk mengaku bila memang selama ini Anda belum tahu. Yang terpenting, setelah membaca tulisan ini, Anda jadi tahu. Oke?

Lalu, apa makna 'selfie'? Wah! Amat T-E-R-L-A-L-U jika Anda sama sekali tidak tahu. Hehehe .... Apalagi kalau tiap saat kerap mempergunakannya dalam percakapan keseharian. Idiiih. Kerap mengucapkan kok tak tahu makna? Parah banget 'kan? 

Nah! Supaya tidak makin T-E-R-L-A-L-U dan makin parah, ayo sekarang kita pelajari (((PELAJARI))) lebih dalam perihal kata 'selfie' dan 'swafoto'. Setuju, ya? 

O, ya. Agar tak bosan menatap deretan huruf melulu, silakan cermati foto-foto yang akan kutampilkan. Harus dicermati betul lho, ya. Mengapa harus? Sebab foto-foto tersebut tidak asal ditayangkan, melainkan ditayangkan dengan maksud tertentu. 

Jangan lupa. Perhatikan pula penjelasan yang tercantum pada tiap foto. Tujuannya agar Anda tak gagal fokus sebab terkesima dengan wajah-wajah yang terpampang di situ. Haha!

Kami berswafoto berdua, bukan berselfie ria
Kalau foto di atas Anda sebut foto selfie, itu jelas salah. Ingat, ya. Selfie berasal dari kata self (bahasa Inggris) yang berarti 'sendiri'. Jadi, yang disebut foto selfie itu ya cuma menampilkan seseorang. Tak lebih tak kurang. Kalau yang tampil dua orang atau lebih, ya lebih tepat disebut wefie atau groupie. 

Jangan pula lupakan satu hal penting yang jadi kunci penyebutan. Begini. Sebutan selfie-wefie-groupie hanya berlaku untuk pemotretan yang dilakukan secara mandiri oleh si objek foto. Atau, oleh salah seorang yang menjadi objek foto (bila yang berpose ria dua orang atau lebih). 

Bukanlah selfie-wefie-groupie sebutannya, bila ada orang lain yang membantu memotretkan. Oke? Dan .... Karena foto di atas diambil sendiri oleh salah seorang objek foto, tentu sah disebut foto wefie. Sampai di sini, Anda tidak bingung dengan penjelasanku 'kan? *fiyuuuh, mau pamer swafoto sama tetangga saja butuh penjelasan panjang kali lebar seperti ini*       

Ini pun swafoto berdua, bukan selfie berdua

Jadi, apa perbedaan antara selfie dan swafoto? Secara makna sih, swafoto dan selfie itu sama saja. Sama-sama bermakna 'kegiatan memotret diri sendiri'. Jadi, yang memencet tombol saat berpotret ria adalah orang yang bersangkutan. Tidak dibantu tukang potret secuil pun. 

Hanya saja, selfie itu merupakan istilah asing. Adapun istilah bahasa Indonesianya adalah 'swafoto'. Karena kita orang Indonesia, ya lebih baik mempergunakan yang asli Indonesia. Begitu, lhooo. 
 
Kalau yang ini bukan swafoto, bukan pula selfie

Baiklah. Aku yakin bahwa Anda sekalian sangat cerdas. Jadi hingga di sini, Anda sekalian pasti sudah paham dengan segala pemaparan di atas. Berarti sudah saatnya kububuhkan tanda titik terakhir, dong. Hmmm. Aku mau melakukan swafoto dulu. Yuk, mari ....

#ODOP
#BloggerMuslimahIndonesia




6 komentar:

  1. Wah aisyah baru tahu..
    Selfie kan berasal dari kata self, kalau swafoto, swa-nya berasal dari kata apa ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setauku dari bahasa Sanskerta... ingat kata swadaya 'kan?

      Hapus
  2. Catat! Swafoto bukan selfie...Trims penjelasan lengkapnya ya Mbak, jadi paham diriku hihihi..:) Aku follow blognya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, Mbak .... Sama-sama dan tengkiyuu

      Hapus
  3. Self photografi ya mba..
    Sering pada salah kaprah ya, wong minta difotoin orang lain..bilangnya selfie😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa ... *dulunya aku juga begituuuh*

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template