Selasa, 07 Februari 2017

Lima Langkah Menuju Sehat

TAK ayal lagi, di zaman yang konon modern ini, manusia kian tenggelam dalam lautan pekerjaan. Terlebih bagi masyarakat urban yang lingkungannya seolah tak pernah tidur. Waktu 24 jam sehari kadang kala masih terasa kurang untuk bekerja. Bila tak pintar-pintar mengelola hidup, seseorang pasti akan mudah beranjak gila. Dampak lain, harapan hidupnya akan jauh lebih rendah. Harapan hidup 'kan terkait erat dengan kesehatan. Baik kesehatan jasmani maupun rohani.

Yup! Kesehatan menjadi demikian urgen bagi manusia modern. Segala macam urusan bisa kacau-balau tak karuan jika tubuh tak sehat. Sebagai manusia modern, Anda pasti mau selalu sehat 'kan? Nah, berikut adalah lima cara hidup yang bisa bikin Anda selalu sehat.

PERTAMA, tidak merokok. Pada Januari 2013 New England Journal of Medicine  melansir temuan studi terbaru, yakni fakta bahwa perokok aktif  ternyata mempersingkat harapan hidupnya hingga 10 tahun. Duh! Alhamdulillah diriku bukan perokok aktif, bukan pula perokok pasif.

KEDUA, menjaga pola makan. Pilihlah menu yang berbahan dasar sehat dan segar, serta kurangi konsumsi lemak (wah, ini yang aku masih sangat kesulitan). Lalu, makanlah secara 80% kenyang. Kiranya ajaran Rasulullah SAW untuk berhenti makan sebelum kenyang terbukti benar khasiatnya. Pola makan yang seperti ini akan menghindarkan kita dari obesitas. Sementara obesitas bisa memunculkan banyak gangguan kesehatan.

KETIGA, batasi menonton TV. Terlalu banyak menonton TV = kurang bergerak. Akibatnya badan menjadi kurang fit. Berbahaya 'kan? Apalagi kalau nontonnya sambil ngemil. Wah! Hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes, bahkan obesitas pasti mengancam tuh.... *tepok-jidat-sendiri-yang-tidak-banyak-nonton-TV-tapi-banyak duduk-di-depan-komputer*

KEEMPAT, perbanyak konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur akan melengkapi nutrisi tubuh; juga akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung, kanker, diabetes, alzheimer, katarak, dan penurunan fungsi tubuh karena usia. Duh! Poin ini diriku juga masih amat kacau-balau.

KELIMA, olah raga secara rutin. Kesehatan erat kaitannya dengan metabolisme tubuh yang baik, yang dapat dipicu dengan olah raga rutin. Sebuah riset dari Universitas Harvard menyebutkan satu fakta menarik. Fakta menarik apa? Yakni fakta bahwa seseorang yang berusia paro baya, yang berolah raga rutin sebanyak 150 menit per minggu, mendapat tambahan harapan hidup sebanyak 7 menit untuk tiap menit aktivitasnya. Wow!

Nah, siapkah Anda menjalankan lima langkah menuju sehat di atas? Yuk, kita memulainya sama-sama sejak detik ini juga.... *tepok-jidat-sendiri-sebab-masih-sering-lalai-jaga-kesehatan*

MORAL CERITA:
Kesehatan jiwa dan raga saling bersinergi. Jadi, jangan abaikan keduanya. Selain melambungkan motivasi demi kesehatan jiwa, jangan lalaikan upaya-upaya untuk menyehatkan raga. 




4 komentar:

  1. siap donk mbak, kesehatan itu mahal klu ud sakit :).
    makasih referensinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, mulanya mau hemat2 untuk makan, ehhh kalau sakit ya malah tak bisa lagi berhemat. Oke, sama-sama.

      Hapus
  2. Alhamdulillah saya tidak merokok.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template