Selasa, 21 Februari 2017

Cara Rakyat Jelata Pergi Berwisata

AKHIRNYA kami, sekumpulan wong cilik dari Kabupaten Bantul ini, jadi piknik juga. Meskipun tujuannya lagi-lagi ke pantai, tak mengapa. Meskipun lokasi pantainya lagi-lagi di Gunungkidul, tak jadi soal. Walaupun lokasi wisata yang dikunjungi relatif dekat, kurang lebih hanya dua jam perjalanan darat dari kampung kami, tak jadi aib. Yang penting piknik, bro. Sekali-sekali menghirup oksigen di luar kampung sendiri. Lagi pula, kami 'kan ingin disebut kekinian juga. Haha!

Pantai pertama yang kami kunjungi, yaitu Pantai Sadranan. 

Ada empat pantai yang menjadi destinasi wisata kami. Keempatnya adalah Pantai Sadranan, Pantai Krakal, Pantai Drini, dan Pantai Baron. Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, semua pantai tersebut berada di wilayah kabupaten tetangga. Yakni Kabupaten Gunungkidul.  

Adiba (tanpa jilbab, kaos biru muda) dan aku (jilbab motif merah hitam, kostum biru tua) hampir tak pernah narsis bersama meskipun sekeluarga. Tapi bebatuan di Pantai Krakal sempat menyatukan kami dalam satu frame. Haha!

Tiga emaks di antara dua anak lelaki ....

Lokasi empat pantai yang kami kunjungi berdekatan. Untuk berpindah dari satu pantai ke pantai yang lainnya, kami hanya butuh sekitar 20 menit. Karena jarak tempuh yang singkat itulah, kami nekad berbasah-basah di bus. Maksudnya, sehabis main air laut kami sengaja tidak ganti baju ketika akan berpindah pantai. Tanggung amat bila mesti ganti baju. Toh naik bus hanya 20 menit, kemudian nyemplung lagi di air laut. Alhasil, jok-jok dan lantai bus menjadi lembap-lembap bergembira.   

Menari bersama ombak dan awan di langit itu!

Wah, ada yang pasang kuda-kuda juga rupanya!

O, ya. Piknik kami ini merupakan salah satu program kegiatan PKK. Oleh karena itu, semua panitianya adalah kaum ibu. Keren 'kan? Tujuannya terutama untuk mempererat tali silaturahmi di antara anggota PKK. Tapi semua anggota PKK boleh mengajak serta keluarga mereka. Tentunya asalkan bersedia membayar ongkos sesuai dengan ketentuan.

Selain untuk mempererat tali silaturahmi, piknik juga bertujuan untuk refreshing. Maklumlah. Kami ini mayoritas tergolong sebagai rakyat jelata tulen. Sangat jarang mampu berpiknik keluar kampung. Bagaimanapun piknik itu 'kan butuh biaya yang lumayan. Sementara penghasilan kami rata-rata pas-pasan. Dengan demikian, piknik berombongan adalah solusi cerdas ala kami.

Jika menyewa bus ramai-ramai, biayanya dapat sangat ditekan. Apalagi kalau ada yang berbaik hati menjadi donatur. Yup! Donatur inilah kuncinya. Kunci jawaban mengapa masing-masing dari kami cukup membayar biaya piknik sebesar Rp60.000,00. Padahal busnya nyaman sekali, lho. Untuk empat pantai dan pergi seharian penuh (sejak 07.00 WIB-19.00 WIB), sekotak nasi ayam bakar, teh hangat yang bebas diambil bergelas-gelas, dan klakson telolet yang mencerahkan perjalanan kami. Alhamdulillah.
 
Pantai Drini yang kurasakan terlalu hiruk pikuk. Menurut Anda bagaimana?

MORAL CERITA:
Selalu ada cara untuk berpiknik secara murah meriah.

 

8 komentar:

  1. Sudah lama banget nggak main ke pantai di Gunungkidul :-(
    Kangen main di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. ato ke sono segera, siapa tahu ketemu Dude Herlino bawa oleh2 khas Jogjanya

      Hapus
  2. pkk di RT ku ngadain jalan - jalan ke jogja, tapi keluargaku gak ikut karena sudah ada janji buat jalan2 ke saudara, eh ternyata katanya tetangga, jalan2 ke jogja gak enak, karena bisnya kurang nyaman :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuagduh, berarti masalah bisnya ya Mbak, yg bikin rusak suasana

      Hapus
  3. Saya juga kadang-kadang bepergian ke tempat sama beberapa kali. Tapi selama dibawa asik aja apalagi rame-rame jadinya suka seru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Mbak,lagipula klo jeda kita pas berkunjung balik itu lumayan lama, niscaya ada sesuatu yang berubah di tempat sama itu

      Hapus
  4. Kalau ke pantai... malah pilihannya loe lagi loe lagi hahaha..pangandaran bo...abis suasana jalan2 malamnya ngangenin banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuih, aku malah belum kesampaian untuk main ke Pantai Pangandaran,,,,

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template