Minggu, 11 Desember 2016

Ia Berpulang pada Hari HAM

SEBUAH kabar duka menyapa. Kuterima dengan sedikit kaget sebab ia yang berpulang sudah lama tak kudengar kabarnya. Mungkinkah sebab aku yang kurang up date? Atau, memang media yang kurang santer memberitakannya? Entahlah. Faktanya, kabar duka tersebut memang tak secetar kabar berpulangnya seorang selebritis.

Padahal, ia yang berpulang itu seorang tokoh. Bukan orang sembarangan, melainkan manusia yang penuh dedikasi. Komitmennya kepada negeri ini justru jelas. Meskipun oleh rezim dan pihak yang dikritisinya, ia selalu dianggap musuh. 

Bahkan konon kabarnya, yakni kabar yang sengaja ditahan di bawah permukaan, kepindahannya ke suatu kota di wilayah Indonesia Timur sebab ia memang diusir dari domisilinya semula. Dari sebuah tanah yang penguasanya merasa terusik sebab celotehan kritisnya. Ah, entahlah. Jikalau memang berita itu benar adanya, sungguh nista para pengusirnya itu. Terlebih pihak yang merestui pengusiran itu. Di mana keadilan?

Aku kerap mendapatkan nasehat begini, "Manusia akan diwafatkan dalam keadaan sebagaimana dirinya semasa hidup." Dan ia yang berpulang tepat pada Hari HAM, memang akrab berkawan dengan segambreng persoalan HAM. Iya, berkawan sebab memperjuangkannya.

Huft. Harga pertalian adalah mati. Ajal pun tak pernah mau menunggu bila waktunya tiba. Maka berpulanglah ia pada 10 Desember lalu. Dalam sunyi. Jauh dari pemberitaan yang cetar. Kalah cetar dari berita meninggalnya seorang penyanyi dangdut tak terkenal. Huft. Ironis!

Selamat jalan, Bapak George Junus Aditjondro....

MORAL CERITA:
Selalu ada kisah yang tersimpan di bawah permukaan. Baik yang sengaja disimpan maupun tidak.  
  

2 komentar:

  1. Sayangnya saya juga tak membaca lewat internet. Padahal pak marie muhammad saja saya juga bisa membaca beritanya. Semoga keduanya mendapatkan tempat yang terbaik

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi, Mbak. Saya tahunya juga dari adik, adik tahu dari status FB seorang temannya yang tinggal dekat beliau

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template