Rabu, 11 Juni 2014

Mari Belajar Sejarah Nusantara!




DALAM kepungan hiruk-pikuk kampanye pilpres sekarang ini, rasanya makin gerah sekali manakala membaca/mendengar berita-berita yang menyiratkan ketakpahaman sebagian anak bangsa terhadap hal-ikhwal kemajemukan bangsa kita tercinta. Ah, mestinya masing-masing dari kita mampu (dan mau) menyadari bahwa Indonesia a.k.a. Nusantara terdiri atas beragam budaya, adat istiadat, etnik, agama/kepercayaan, warna kulit, bentuk rambut, dan sebagainya. Tepatnya menyadari dan bersedia menerima keberagaman itu tanpa rasa saling mencurigai. Ya! Dan pada akhirnya, kita mampu untuk saling menghargai dan menghormati perbedaan yang kita punya. 

Idealnya setiap WNI bersedia menerima segala lini kebhinekaan negeri ini dengan jiwa terbuka. Namun sayang sekali, entah mengapa belakangan justru aksi vandalisme yang disebabkan oleh sentimen-sentimen agama dan suku bangsa (sebagai sedikit contoh) masih kerap kali terjadi. Sudah pasti kondisi demikian sangat menciderai  kehidupan berbangsa dan bernegara kita. 

Mengapa sebagian dari kita seolah-olah lupa bahwa sejak awal bangsa Indonesia sudah memiliki warna sejarah yang majemuk dan plural? Padahal, sungguh berbahaya jika kita sampai berpikir untuk menyeragamkan semuanya. Ini Indonesia, Bung! Mengapa tak boleh ada perbedaan-perbedaan, sementara wilayah NKRI terbentang luas dari barat hingga timur; dari bumi Aceh hingga tanah Papua? Sementara di sepanjang rentangan wilayah tersebut terdapat etnik, agama/kepercayaan, bahasa, budaya, adat istiadat, dan lain-lain hal yang beraneka macam?

Yup! Kiranya kita semua perlu untuk selalu meng-up date pemahaman atas sejarah bangsa supaya kita tidak lagi terlibat pertikaian-pertikaian konyol yang menafikan fakta kemajemukan bangsa ini. Nah, buku ini bisa membantu Anda sekalian untuk kembali mengingat sejarah awal bangsa Indonesia yang "dari sononya" memang majemuk. Terlepas dari kontroversi atas definisi Nusantara, buku ini memaparkan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di sepanjang sejarah Nusantara. Adapun sejarah Nusantara tersebut sengaja disusun berdasarkan urutan tahun untuk mempermudah pemahaman pembaca secara kronologis. 

Buku ini memuat kepingan-kepingan pengetahuan yang akan memandu Anda dalam memahami sejarah awal bangsa Indonesia. Kepingan-kepingan tersebut dikemas dalam tiga babak secara padat-merayap. Pemaparan semua hal yang terkait memang tidak sangat detil sebab peruntukan utama buku ini adalah sebagai "pembuka jalan" bagi Anda yang hendak mempelajari sejarah Nusantara lebih mendalam. Jadi, setelah membaca buku ini Anda dijamin akan memperoleh "arahan" untuk membaca referensi apa saja untuk kian memperdalamnya. 

Satu hal lagi, buku ini amat cocok dibaca oleh putra-putri Anda yang masih duduk di bangku sekolah jenjang apa pun. Yeah.... Anak muda wajib tahu sejarah bangsanya. Bagaimana mungkin kaum muda akan menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh bilamana tak paham akan latar belakang bangsanya sendiri? Oke. Selamat berburu buku ini ke toko buku terdekat dan segera membacanya tuntas.  


SPESIFIKASI BUKU
Judul          : Sejarah Nusantara Berdasarkan Urutan Tahun
Penulis       : Agustina Soebachman
Cetakan     : Pertama, April 2014
ISBN         : 978-602-7608-77-1
Penerbit     : Syura Media Utama (Jogja)



MAU TAU HARGANYA? Silakan cek di toko buku terdekat yaa....


  

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template