Sabtu, 14 Juni 2014

BEHIND THE SCENE Buku Ini


MENDEKLARASIKAN diri sebagai penulis buku populer itu berarti siap untuk diminta menulis apa saja. Termasuk harus siap menulis tema-tema yang kurang disukai ataupun tema-tema yang berada "jauh di luar jangkauan perhatian dan selera". Kiranya sudah menjadi risiko bagi seorang penulis buku populer bahwa ia wajib tahu banyak hal walaupun mungkin tahunya hanya sedikit-sedikit. Dalam arti, tidak semendalam pengetahuan seorang pakar terhadap hal tertentu yang menjadi fokus utama minat dan keahliannya.  Sudah menjadi risiko pula bila suatu ketika ia mesti menulis buku dengan tema yang jauh lebih "unyu" daripada usianya. Hehehe....

Ya, ya. Tahun lalu saya menemui risiko itu. Saya harus menulis buku dengan tema yang sungguh-sungguh "unyu". Betapa tidak "unyu"? Saya diminta oleh pihak IN AzNa Books untuk menulis tentang bintang-bintang K-Pop dan One Direction yang lagi naik daun bangeeettt di kalangan remaja belia; sedangkan saya sendiri tergolong sebagai remaja agak baheula (Catatan: hahaha... "agak" lho ya, belum baheula beneran). 

Tentu saja kondisi tersebut menjadi tantangan tersendiri buat saya. Saya sungguh-sungguh tak tahu yang mana SUJU, yang mana EXO? Lagu-lagu mereka yang seperti apa? Wajah mereka yang bagaimana? Berapa jumlah anggota tiap boyband/girlband itu? Siapa saja nama-nama personilnya? Siapa yang paling tenar di antara mereka? Wowww...! Pokoknya "auuww gelap dehhh". Apalagi yang selama ini melekat erat di benak saya adalah G 'N R dan Metallica. Sungguh tak nyambung, bukan?

Pendek kata sebelum memperoleh mandat untuk menyusun tulisan tersebut, saya sekadar sering mendengar saja nama-nama SUJU-SNSD-EXO-ID-B.A.P. tanpa minat untuk mengetahuinya lebih jauh. Iya, Adiba saya yang berusia 9 tahun memang kerap kali memperbincangkannya dengan teman-temannya (Catatan: teman-temannya ini majemuk, dari berbagai usia, mulai SD hingga SMA). Waktu itu saya merasa heran saja. Dari mana mereka tahu kabar-kabar bintang K-Pop dengan lumayan detil itu? Namun di kemudian hari saya ngeh, salah seorang dari teman Adiba memiliki koleksi tabloid/majalah K-Pop. Woww, pantesan.... Apalagi ada yang punya koleksi download-an lagu-lagu kelima girlband/boyband tersebut. 

Maka... TUINGGG!!! Obrolan Adiba and friends yang semula saya anggap sebagai obrolan gila-gilaan belaka akhirnya justru menjadi berkah. Pada akhirnya di suatu kesempatan yang sangat kondusif, saya dekati Adiba dengan senyum manis dan sebatang cokelat lezat. Diawali dengan serah terima cokelat sebagai upeti, obrolan A-Z tentang banyak hal "unyu" pun berlangsung seru. 

Memang sih bahan penulisan tak seketika itu saya peroleh dengan komplet. Masih bersambung beberapa hari lagi. Tapi, upeti cokelat itu membuka jalan lebar-lebar bagi saya untuk mendapatkan bahan komplet. Adiba bahkan dengan ikhlas dan bersemangat membantu mencarikan bahan-bahan yang saya butuhkan. Subhanallah. Apalagi ketika tahu nama pena OCTAVIA PRAMONO-lah yang nanti akan saya cantumkan sebagai penulisnya. 

Voilaaa... dan akhirnya setelah buku 35 Kisah Super Unik Tentang SUJU-SNSD-EXO-One Direction-B.A.P. terbit, dengan bersemangat pula ia membaca tuntas seluruh isi buku, menjadikan tulisan di buku tersebut sebagai bahan perbincangan di antara teman-temannya, dan rela membantu menjual buku tersebut. Hmmm. Sebuah kisah yang seru, bukan? Yup! Selalu ada kisah di balik sesuatu. Lalu, bagaimana kisah di balik penulisan buku Anda? Silakan tulis di kolom komentar yaaa....   

#saya-terinspirasi-untuk-menyusun-tulisan-ini-saat-terlibat-obrolan-ngalor-ngidul-manakala-sedang-"thawaf"-di-KARITA-bersama-Bu IrfaHudaya-usai-bolos-acara-DINAMO#

4 komentar:

  1. Balasan
    1. eit...hihihi...jos juga unuk IIDN Jogja.... siap yoo itu adminnya?? Tini atau Liya??

      Hapus
  2. Nah, ini lho Mbak yang aku kagum pada dikau. Buku-bukumu yang kulihat bertebaran di lapak SAB, kulihat sangat bervariasi judulnya. Nah yang satu ini bikin geleng-geleng kepala. K-Pop gitu lhowww....yang aku tau cuma sebatas personel suju yang namanya siwon itu ganteng bingiiitttzzz dan aku sudah nonton beberapa drakornya...hihihi. eh beneran kan dia personel suju? (nah, muncul nih katrokku). Waktu dikau jadi pembicara kopdar kemarin, dan bilang bahwa penulis itu orang paling pinter karena tahu segala macem. Modalnya hanya satu, rajin membaca. Ya, aku percaya itu. Dan engkau adalah salah satu buktinya, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...bgitulah Mb Indah.... klo sdh memutuskan jadi penulis, kita mesti siap berjibaku belajar apa saja dr mn saja bersama siapa saja; tiap detik mesti kita jadikan momen utk mencerdaskan hati dan pikiran...

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template