Rabu, 27 Juli 2011

SUDAH DUA PAGI

SUDAH dua pagi, kemarin pagi dan tadi pagi, aku galau ketika melewati areal persawahan di sebelah utara rumahku. Biasanya kalau sepagi itu aku lewat, sawah sunyi senyap. Hanya kadang-kadang saja ada seorang kakek atau seorang nenek pemilik sawah yang tengah sibuk mengusir burung-burung kecil pemakan padi. Hmm... tentu saja suara renta mereka terdengar begitu bergema di pagi yang tenang; memecah kesunyian.

Namun, kemarin pagi dan tadi pagi suara mereka tak terdengar. Sebagai gantinya ada kemeriahan kecil di areal persawahan tersebut. Yeah... kemeriahannya sih masih terkait soal burung-burung pemakan padi. Tapi sejak kemarin pagi burung-burung itu bukan lagi diusir, melainkan ditangkap! Ya, ada  seorang bapak pendatang (bukan warga desaku) yang datang membawa peralatan lengkap untuk menangkap burung-burung malang itu. Luar biasa! Dari areal persawahan yang tak begitu luas berhasil ditangkap puluhan ekor burung dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Tetapi sejujurnya, fakta itu sungguh menyedihkan hatiku. Kenapa burung-burung itu harus ditangkap? Entah untuk dijual hidup-hidup; entah untuk dijadikan tongseng? Miris, aku miris. Bukankah ini bisa merusak ekosistem? Maka aku berharap, esok hari tak datang lagi si bapak pendatang.


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda. Mohon tinggalkan jejak agar saya bisa gantian mengunjungi blog Anda. Happy Blog Walking!

 

PIKIRAN POSITIF Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template